Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Revitalisasi Pasar Porong dan Taman Tunggu Lelang

07 Mei 2019, 15: 24: 16 WIB | editor : Wijayanto

PERLU SOLUSI: Kondisi lubang jalan di pasar Taman sudah terlihat sejak di pintu masuk.

PERLU SOLUSI: Kondisi lubang jalan di pasar Taman sudah terlihat sejak di pintu masuk. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Proses revitalisasi dua dari tiga pasar yang akan dilakukan tahun ini masih menunggu proses lelang. Dua pasar yang masih dalam tahap lelang adalah pasar Porong yang sempat terbakar dan pasar Taman.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo Nawari mengatakan, saat ini proses lelang yang sudah selesai hanya untuk pasar Sukodono. Sehingga revitalisasi akan terlebih dahulu dilakukan di pasar tersebut.

Pasar Sukudono rencananya akan dilakukan revitalisasi pada triwulan kedua. Tidak sekedar revitalisasi, Pasar Sukodono akan dijadikan pasar berstandar nasional Indonesia (SNI). “Kalau untuk pekerjaan Pasar Sukodono mulai triwulan kedua,” katanya.

Sementara untuk pasar Taman, revitalisasi tersebut akan difokuskan di bagian sentra penjualan dagiang. Hal itu lantaran kawasan tersebut sudah terlihat kumuh dan sudah tidak cocok lagi jika digunakan sebagai lokasi penjualan bahan makanan seperti daging.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu melakukan sidak di pasar Wadungasri Kecamatan Waru. Beberapa pedagang yang ditemui Khofifah meminta agar juga dilakukan revitalisasi sebab sering banjir saat hujan turun.

Terkait hal itu, Nawari mengatakan, bahwa bangunan pasar tersebut merupakan bangunanan hasil kerjasama. Namun kerjasama tersebut kini sudah berakhir. Sehingga jika ingin melakukan revitalisasi maka harus dilakukan kajian terlebih dahulu.

Kajian itu meliputi kajian konstruksi dan kajian penilaian aset. “Jadi belum bisa pemerintah tiba-tiba langsung membangun sebab ada tahapan,” paparnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia