Rabu, 17 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya
Prediksi Caleg Lolos DPR RI dari Dapil Jatim 1

PDIP Terbanyak, Gerindra dan PAN Rebutan Kursi

04 Mei 2019, 13: 46: 02 WIB | editor : Wijayanto

PREDIKSI: Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono.

PREDIKSI: Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - PDI Perjuangan masih menjadi penyumbang calon legislatif (caleg) terbanyak untuk DPR RI dapil Jatim 1 yang meliputi wilayah Surabaya-Sidoarjo.

Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono mengatakan, pada Pemilu 2019  PDI Perjuangan masih menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi dengan 24,92 persen di dapil Jatim 1. Kemudian disusul PKB 16,60 persen, Gerindra 12,6 persen, Golkar 10,68 persen, PAN 6,26 persen, PKS 6,2 persen, Demokrat 4,52 persen, PSI 4,45 persen dan Nasdem 4,23 persen.

Sementara itu di papan tengah ada PPP 3,65 persen, Perindo 2,99 persen. Selanjutnya ada partai yang berada di papan bawah yakni Berkarya 1,09 persen, PBB 0,65 persen, Hanura 0,64 persen, Garuda 0,37 persen, dan PKPI 0,15 persen. “Jatah 10 caleg DPR RI juga banyak yang dari petahana,” kata Didik.

Didik menambahkan, perolehan itu berdasarkan data real count di Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang direkapituliasi oleh Tim SCG dari kelurahan atau desa dan kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo. “Datanya mencapai 87 persen yang diinput di TPS kemarin (2/5),” ujarnya.

SCG memprediksi nama-nama incumbent, mampu mencuri perhatian masyarakat. Para petahana ini dari partai-partai yang perolehan suaranya besar. Dari konversi kursi dengan metode Sainte Lague, tiga kursi DPR RI diperkirakan menjadi milik PDI Perjuangan.

Sementara dua kursi untuk PKB, dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS. Tak hanya itu, ada satu kursi terbuka yang diperebutkan Demokrat dan NasDem. “Terhadap satu kursi yang diprediksi untuk Gerindra, PKB, dan PAN, masih ada ruang perebutan yang cukup seru mengingat di antara caleg yang bersaing, perolehan suaranya tidak cukup tebal,” terangnya.

PDI Perjuangan meloloskan Puti Guntur Soekarno, Bambang DH dan Indah Kurniawati. PKB meloloskan Syaikhul Islam dan Arzeti Bilbina atau Fandi Utomo.

Sedangkan partai Gerindra, Rahmat Muhajirin atau Bambang Haryo, Partai Golkar Adies Kadir, selanjutanya dari PAN dengan nama Sungkono atau Sunartoyo. Dari PKS, Sigit Sosiantomo dan jatah terakhir akan diperebutkan Partai Demokrat dan Partai Nasdem. (gin/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia