Kamis, 20 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Gelar Syukuran, BPP Prabowo Sandi Klaim Kemenangan

04 Mei 2019, 13: 39: 52 WIB | editor : Wijayanto

TETAP YAKIN: Suasana syukuran di kantor BPP di Gayungan.

TETAP YAKIN: Suasana syukuran di kantor BPP di Gayungan. (MUS PURMADANI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Meski penghitungan Pemilu 2019 belum tuntas, Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jatim menggelar deklarasi dan syukuran kemenangan Prabowo Subianto sebagai presiden dan Sandiaga Uno sebagai wakil presiden. Syukuran itu didasari hasil real count Badan Pemenangan Nasional (BPN) yang sudah menunjukan unggul 62 persen.

Acara syukuran tersebut dihadiri ratusan relawan yang juga menyatakan deklarasi kemenangan. Tidak hanya itu, karangan bunga tampak berdatangan mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi. “Ada atau tidak instruksi dari BPN kami tetap melakukan syukuran karena yang kita perjuangkan sudah berhasil diraih,” ujar Dewan Penesahat BPP Prabowo-Sandi Jatim Soenarko, Jumat (3/5).

Soenarko mengatakan, pihaknya selalu melakukan protes di tempat pemungutan suara (TPS) jika tidak sesuai prosedur yang berlaku. Jika tidak bisa diselesaikan di Bawaslu Jatim, pihaknya melanjutkan ke Bawaslu Pusat. “Keluh kesah kami didengarkan oleh Bawaslu, sehingga ada pemungutan suara ulang (PSU) dan penghitungan suara lanjutan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, banyak kecurangan yang disampaikan kepada Bawaslu. Misalnya, jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Soenarko mengklaim, hasil penghitungan yang dilakukan oleh BPP Jatim menunjukkan ada sebagian daerah di Jatim yang dimenangkan Prabowo-Sandi. “Ada juga yang memang nyata-nyata kalah,” ujarnya.

Meski telah mendeklarasikan kemenangan dan menggelar tasyakuran, Soenarko menyadari bahwa proses Pemilu belum selesai. “Kami ikuti tahapnya, setiap perkembangan di Jatim akan kami lapor ke pusat. Supaya kalau di daerah ada persoalan yang berdampak, pusat bisa segera mengetahui tindakan apa yang harus diambil,” ujarnya. (mus/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia