Senin, 14 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dispendukcapil Bentuk Dilan untuk Layani Penyandang Disabilitas-Lansia

04 Mei 2019, 13: 28: 36 WIB | editor : Wijayanto

Dispendukcapil Bentuk Dilan untuk Layani Penyandang Disabilitas-Lansia

SIDOARJO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kembali membentuk program untuk mempermudah layanan perekaman e-KTP. Kali ini targetnya adalah lanjut usia dan penyandang disabilitas. Program tersebut diberi nama Dilan (disabilitas dan lanjut usia). Mereka tidak perlu lagi datang ke kantor kecamatan.

Program baru tersebut berjalan mulai pekan depan. Dispendukcapil akan menampung permintaan perekaman. Setelah itu  petugas langsung turun ke rumah warga.

Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto mengatakan, menurut catatan Dispendukcapil, penyandang disabilitas dan lanjut usia banyak yang belum melakukan perekaman. Penyebabnya, warga kesulitan datang ke kantor kecamatan. "Sehingga banyak yang tidak rekam," ujarnya.

Melihat itu, Dispendukcapil merancang solusi. Tujuannya agar penyandang Disabilitas dan lanjut usia mendapatkan e-KTP. Caranya dengan jemput bola. Petugas datang langsung ke lapangan.

Tidak seperti program lainya. Dengan Dilan, petugas langsung turun ke rumah warga. Perekaman dilakukan di rumah. "Petugas kami mobile melakukan perekaman," jelasnya.

Sementara itu Kasi Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Latifa Indira Dewi mengatakan, pihaknya menggandeng desa. Nantinya desa yang melaporkan disabilitas dan lanjut usia yang membutuhkan perekaman. "Data kami tampung setelah itu petugas langsung jalan," ujarnya.  Namun, warga juga bisa langsung menghubungi Dispendukcapil. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia