Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Sore Ini Korban Lumpur Lapindo Akan Ziarah Makam

04 Mei 2019, 13: 22: 34 WIB | editor : Wijayanto

KIRIM DOA: Lokasi makam warga korban lumpur di Porong.

KIRIM DOA: Lokasi makam warga korban lumpur di Porong. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Sebelum memasuki Bulan Ramadan, umat muslim mempunyai tradisi ziarah ke makam anggota keluarga, saudara maupun leluhur. Begitu juga dengan korban luapan lumpur di Porong. Bedanya, karena lahan makam telah tenggelam oleh lumpur, mereka hanya bisa bedoa dari atas tanggul. Sabtu sore ini (4/5) mereka mengadakan doa bersama dan tabur bunga di tanggul penahan lumpur Desa Siring.

Doa bersama di atas tanggul rutin digelar warga memasuki bulan puasa. Tidak hanya sekedar berdoa, ziarah makam seringkali dijadikan ajang silaturahmi dan temu kagen dengan bekas tetangga yang kini terpisah paska semburan lumpur pada 29 Mei 2006 lalu.

Salah satu warga yang kemarin terlihat membersihkan makam di Desa Mindi adalah Supii. Makam ini terletak di luar tanggul setelah makam yang lama terendam lumpur. Dulu rumahnya terletak di Desa Mindi RT 12 RW II Kecamatan Porong. Ia merasa ‘beruntung’ masih bisa mengunjungi makam sang ayah, Ngadi yang meninggal pada Bulan Nopember 2016 silam. “Kalau makam ibu dan adik ada di dalam. Sudah terendam,” ungkapnya.

Lain lagi dengan Nurita, mantan warga dusun Babatan, Desa Besuki, Kecamatan Jabon ini terlihat usai berziarah di atas tangul Besuki. “Setiap memasuki bulan puasa kami sekeluarga selalu ziarah makam,” ujar wanita yang kini tinggal di Bangil Pasuruan ini. (sat/nis)

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia