Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik
Riuhnya Nelayan Ujung Pangkah Sambut Ramadan

Cat Perahu Warna-Warni, Pikat Wisatawan Mangrove

03 Mei 2019, 17: 58: 35 WIB | editor : Wijayanto

NGECAT BARENG: Sejumlah nelayan saat melakukan pengecatan perahu menyambut ramadan pekan depan.

NGECAT BARENG: Sejumlah nelayan saat melakukan pengecatan perahu menyambut Ramadan pada pekan depan. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

Menjelang Ramadan, sejumlah warga memiliki tradisi unik. Seperti yang dilakukan nelayan asal Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah dengan mengecat perahunya warna-warni.

FIRMANSYAH-Wartawan Radar Gresik

PENGECATAN perahu nelayan ini dilakukan serentak dengan tampilan warna unik. Kegiatan ini dilakukan guna menarik minat masyarakat agar ngabuburit dengan menggunakan jasa mereka.

Ketua Rukun Nelayan Pangkahkulon, Muhammad Latief mengatakan, sedikitnya ada sekitar 80 nelayan yang terlibat kegiatan ini. Dia berharap, warna yang unik dapat menarik pengunjung agar mau menaiki perahu sembari berkeliling ke obyek wisata hutan mangrove.

“Desa kami memiliki wisata suaka burung dan hutan mangrove. Tentunya dengan armada perahu yang berwarna-warni ini dapat meningkatkan antusiasme pengunjung,” katanya.

Kegitan ini, kata Latif, merupakan salahsatu cara nelayan Pangkahkulon untuk meningkatkan pendapatanya selama ramadan. Maklum saja, selama bulan suci mayoritas nelayan yang siangnya melaut memilih untuk istirahat dirumah.

“Kalau puasa berangkat melaut dimulai malam hari. Sebab, jika mencari iki siang hari cuaca terik dan menimbulkan rasa haus. Khawatir hal ini mendorong batalnya puasa,” imbuhnya.

Kegiatan mengecat perahu ini juga mendapat dukungan dari salahsatu produsen cat. Mereka memberikan sejumlah produk cat yang dimanfaatkan oleh nelayan Pangkahkulon dalam menghias perahunya.

"Ini keduanya kalinya kami menggandeng komunitas nelayan dalam mengecat perahu hias," kata Irman Choiruddin, wakil perusahaan cat. (*/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia