Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Gubernur Ingin OPD Bersinergi dengan Media

03 Mei 2019, 16: 57: 35 WIB | editor : Wijayanto

Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA  - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meminta agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, menjaga hubungan baik dan dekat dengan media.

Ini disampaikan Khofifah saat memimpin Rapat Persiapan Bulan Suci Ramadan bersama seluruh Pimpinan OPD di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Rabu (1/5) malam.

Khofifah sejauh ini belum merasakan adanya hubungan yang dekat antara OPD dengan media. Apabila hal tersebut dilakukan banyak keuntungan yang bisa diperoleh para OPD. "Salah satunya banyak program OPD yang bisa disinergikan dengan media," katanya.

Khofifah mengaku, program-program yang dimiliki OPD sangat bagus. Program yang bagus, harus diimbangi dengan publikasi yang sebanding. Sebagai contoh, program mudik bersama yang diselenggarakan oleh Dishub Jatim. Apabila tidak disampaikan ke media, maka informasi yang bagus ini tidak akan diterima oleh masyarakat. "Sekali lagi, program bagus diimbangi dengan publikasi yang bagus. Oleh sebab itu, para Ka. OPD harus lebih dekat dengan media," lanjutnya.

Publikasi, lanjut Khofifah, tidak berarti pamer. Dengan tuntutan zaman seperti ini, semua kinerja dan program pemerintah harus diketahui secara transparan oleh masyarakat. "Jadi menjadi hal wajar apabila publikasi dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait program dan kinerja pemerintah," pungkasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Lutfil Hakim, menyambut gembira dengan anjuran gubernur kepada jajaran pejabat di lingkungan Pemprov Jatim ini. Karena dengan terjalinnya hubungan yang baik antara pers dan pemerintah, maka pesan-pesan dan program-program yang diinginkan gubernur bisa sampai kepada masyarakat.

"Apa yang diinginkan gubernur agar jajaran di bawahnya dekat dengan pers harus didukung. Dan saya juga berharap teman-teman pers juga dapat menjalankan fungsinya sebagai penyebar informasi yang objektif dan edukatif, melakukan kontrol sosial yang konstruktif, menyalurkan aspirasi rakyat dan memperluas komunikasi dan partisipasi masyarakat. Dalam hal ini perlu dikembangkan interaksi positif antara pers, pemerintah dan masyarakat," kata Lutfil Hakim.(mus/rak)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia