Rabu, 24 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo

Delapan Karya SMK YPM 8 Sidoarjo Pukau Gubernur Khofifah

03 Mei 2019, 14: 15: 48 WIB | editor : Wijayanto

BANGGA: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (dua dari kiri) didampingi Kepala SMK YPM 8 Sidoarjo Dr Kisyanto (berkumis) melihat hasil karya s

BANGGA: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (dua dari kiri) didampingi Kepala SMK YPM 8 Sidoarjo Dr Kisyanto (berkumis) melihat hasil karya siswa di Grahadi, Kamis (2/5). (ISTIMEWA)

Share this      

Mesin sortir otomatis karya Teknik Permesinan dan Teknik Mekatronika SMK YPM 8 Sidoarjo berhasil memukau Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (2/5). Orang nomor satu di Jawa Timur tersebut tertarik melihat hasil karya para siswa yang dipamerkan.

RIZKY PUTRI PRATIMI-Wartawan Radar Sidoarjo

HARI Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 menjadi momen tak terlupakan bagi SMK YPM 8. Karya delapan siswanya, yakni lima siswa murid dari jurusan teknik permesinan dan tiga siswa dari jurusan teknik mekatronika berhak tampil dalam pameran di Grahadi. Mereka tampil bersama tiga sekolah lain yakni SMKN 5 Jember, SMKN 4 Malang, dan SMK PGRI 3 Malang.

Karya yang ditampilkan adalah mesin sortir otomatis. Berfungsi menyortir barang secara otomatis, baik ukuran, warna dan bentuk.

Meskipun proses perakitan hanya dua minggu, namun hasilnya sangat memuaskan. Proses pembuatan dimulai dari desain gambar 2D dan 3D oleh murid di kelas khusus drafter selama satu minggu. Kemudian dilanjutkan oleh tim perakit di bengkel.

Mesin ini sudah beberapa kali mengikuti pameran. Terakhir pada saat pembukaan Lomba Kompetensi Siswa tingkat Provinsi Jawa Timur tanggal 24 April 2019 dan dispresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman.

“Saya bangga dan ingin  mendorong anak-anak segera membuat mesin-mesin lainnya,” jelas Kepala SMK YPM 8 Dr Kisyanto, di sela pameran di Grahadi.

Delapan siswa yang telah mengharumkan nama sekolah tersebut akan mendapat beasiswa dari sekolah “Kami berikan kemudahan-kemudahan lainnya,” imbuhnya.

Kisyanto berharap karya mereka terus disempurnakan dan terus dikembangkan pada aplikasi lainnya. “Sekolah berharap agar kreatifitas siswa terus ditingkatkan dan sekolah mendukung penuh baik materil maupun imateril,” pungkasnya. (*/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia