Selasa, 15 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tersumbat Sampah, Sirkulasi Air Kolam Jayandaru Terganggu

03 Mei 2019, 14: 11: 11 WIB | editor : Wijayanto

KERUH: Kondisi kolam di bawah monumen Jayandaru.

KERUH: Kondisi kolam di bawah monumen Jayandaru. (LUKMAN ALFARISI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Pengunjung Alun-alun Sidoarjo mengeluhkan kondisi air kolam di monumen Jayandaru yang keruh. Hal itu membuat ikan-ikan di dalamnya tidak lagi nampak.

Selain kondisi air yang menghijau, beberapa pengunjung juga mengeluhkan banyaknya sampah yang seringkali terlihat mengapung di kolam tersebut.

Kondisi tersebut sering terlihat saat alun-alun tersebut selesasi dipakai untuk acara besa seperti Car Free Day (CFD) maupun kegiatan bazar. “Sayang sekali, ini kan harusnya bening dan ikannya kelihatan, tapi kalau hijau enggak kelihatan,” kata salah satu pengunjung Anita Karolina.

Untuk itu, dia berharap dinas terkait segera mengganti air yang berada di kolam tersebut. Selain itu, sampah-sampah yang berada di dasar kolam juga diharapkan juga ikut diangkut.

Sebab hal itu dapat menambah kondisi air kolam terlihat cepat kotor. “Pengunjung juga mestinya tahu aturan, enggak boleh buang sampah disitu,” terangnya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, banyaknya sampah tersebut membuat pompa air untuk sirkulasi air di kolam itu terganggu.

Hal itu lantaran para pengunjung yang datang sering kali mengabaikan imbauan petugas di lapangan agar tidak membuang sampah di kawasan tersebut. Khususnya di kolam monemen Jayandaru.

Akibatnya, proses sirkulasi air menjadi terganggu sehingga airnya sering terlihat kotor. “Padahal sering diingatkan oleh teman-teman di lapangan,” katanya saat dikonfirmasi.

Di sisi lain, kondisi seperti sudah sering kali terjadi, bahkan masyarakat sudah ada yang melaporkan kondisi semacam itu. Tak hanya itu, pompa tersebut bahkan sudah diperbaiki oleh DLHK.

Untuk itu, pihaknya meminta agar masyarakat yang berkunjung untuk tidak membuang sampah di kolam tersebut. Sebab tempat sampah sudah disebar di beberapa titik di alun-alun Sidoarjo itu. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia