Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

PKB Menang dengan 309 Ribu Suara, PDIP Urutan Kedua, Gerindra Ketiga

03 Mei 2019, 11: 35: 00 WIB | editor : Wijayanto

Rekapitulasi suara di KPU Sidoarjo.

Rekapitulasi suara di KPU Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Rekapitulasi surat suara di tingkat kabupaten sudah selesai. Hasilnya, PKB berhasil menjadi partai pemenang pemilu. Jumlah perolehan suaranya mencapai 309.249.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan pileg 2014 lalu. Saat itu jumlah perolehan suara PKB sebanyak 264.092. Dibandingkan tahun ini ada kenaikan 45 ribu suara.

Kemenangan PKB ada di seluruh dapil. Di Dapil 1 (Sedati, Buduran, Sidoarjo) yang paling banyak. Jumlah suaranya mencapai 53.845.

Tingginya perolehan suara partai itu otomatis meningkatkan jumlah perolehan kursi. Tahun ini PKB mendapatkan 16 kursi. Bertambah 3 kursi dibandingkan periode lalu.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Nur Ahmad Syaifuddin mengakui bahwa pertarungan perolehan suara sangat ketat. Dia menilai, tingginya suara PKB itu merupakan buah dari kerja keras caleg. Setiap hari caleg turun langsung mencari dukungan.

Meski begitu, perolehan tersebut tidak sesuai target. "Targetnya bisa meraih 18 kursi," katanya. Nur menjelaskan, dapil 5, dapil 2 dan dapil 3 menjadi perhatian. Di dapil 5 targetnya tiga kursi, namun hanya dua kursi yang diraih. Di dapil dua dan tiga targetnya empat kursi. Hasilnya hanya mendapatkan tiga kursi.

Urutan kedua adalah PDIP dengan perolehan suara partai sebanyak 188.306. Perolehan suara itu juga naik dibandingkan periode lalu. Pada pileg 2014, PDIP mengumpulkan suara 151.862. Perolehan kursi pun juga meningkat. Total ada sembilan kursi. Periode lalu hanya delapan kursi.

Ketua DPC PDIP Tito Pradopo mengaku, penambahan suara tersebut cukup memuaskan. "Kursi PDIP di legislatif bertambah," ujarnya.

Meski jumlah kursi yang didapatkan tidak sesuai target. Awalnya PDIP menargetkan 10 kursi. Namun diakuinya para caleg sudah bekerja maksimal. Ada tiga dapil yang mendapatkan dua kursi. Yakni dapil 1, dapil 3, dan dapil 6.

Posisi ketiga ditempati Partai Gerindra dengan jumlah suara 157.152. Hasilnya, perolehan kursi sama dengan periode lalu. Yakni sebanyak 7 kursi.

Di sisi lain, ada sejumlah partai yang jumlah kursinya turun. Seperti PAN yang semula ada enam kursi kini hanya mendapatkan lima kursi. Jumlah perolehan suara partai menurun dari 133.289 menjadi 83.864.

Sekretaris DPD PAN Emir Firdaus mengatakan, hasil itu menjadi perhatian PAN. Dia berjanji partai akan melakukan pembenahan. "Kekurangan harus segera diperbaiki," jelasnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia