Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Underpass Joyoboyo Dipastikan Rampung Akhir Tahun

02 Mei 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

PERMUDAH MASYARAKAT: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau lokasi pembangunan underpass Terminal Joyoboyo-KBS di kawasan Wonokromo, Rabu (1

PERMUDAH MASYARAKAT: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau lokasi pembangunan underpass Terminal Joyoboyo-KBS di kawasan Wonokromo, Rabu (1/5). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sepanjang tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya fokus pada pengerjaan pembangunan infrastruktur kota. Salah satunya pembangunan jalur bawah tanah penghubung Terminal Joyoboyo dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Pembangungan underpass ini dipastikan rampung dan dioperasionalkan akhir tahun 2019.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, underpass yang dibangun ini juga memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat di jalan. Mengingat Joyoboyo sendiri selama ini dikenal dengan pusat transportasi masal antar moda dan kawasan tersebut juga dikenal dengan lalu lintasnya yang semrawut, sehingga dibutuhkan infrastruktur penunjang untuk mengurai kesemrawutan arus lalu lintas.

"Jalur yang ada di dekat KBS selama ini selalu padat dan rawan kecelakaan. Lalu lintas yang padat serta keselamatan para pejalan kaki menjadi titik tekannya. Underpass ini bisa dioperasionalkan akhir tahun ini dan masyarakat bisa nyaman ketika melintas di Joyoboyo," ujar Risma ketika ditemui di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) di proyek underpass Joyoboyo, Rabu (1/5).

Risma pun memastikan posisi jembatan penghubung dari Joyoboyo ke sekitar KBS bisa dimanfaatkan dengan baik. Fungsi jalur akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Selain sebagai tempat pejalan kaki, jalur sepanjang 170 meter harus juga menggerakkan ekonomi warga setempat. Karena itu, di sebelah kanan dan kiri jalan akan menjadi lokasi bagi UMKM atau pedagang lokal untuk berjualan.

Risma pun memastikan para petugas untuk segera menyelesaikan proyek sesuai waktu yang disepakati sebelumnya. "Bus-bus nanti bisa diparkir di Joyoboyo. Semua bisa masuk. Kalau underpass digunakan tidak hanya untuk pengunjung KBS tetapi juga oleh masyarakat lainnya juga," ujarnya. (cin/nur)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia