Jumat, 18 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Fashion Muslim Batik Madiunan dengan Detail Hand Painting

30 April 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ELEGAN: Model memperagakan busana karya Ulfa Mumtaza yang menganggkat khas batik Jawa Timur berbagai motif.

ELEGAN: Model memperagakan busana karya Ulfa Mumtaza yang menganggkat khas batik Jawa Timur berbagai motif. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

BASUKI RAHMAT- Merayakan 10 tahun berkarya di dunia fashion, desainer Ulfa Mumtaza meluncurkan koleksi fashion muslim terbaru. Yang spesial, kali ini ia mengangkat batik-batik se-Eks Karesidenan Madiun. Mulai dari Kabupaten dan Kota Madiun, Kota Pacitan, Ngawi, Ponorogo dan Magetan. 

Ulfa sengaja mengangkat Batik Madiun sebagai bentuk kecintaannya terhadap kota kelahirannya. "Karena saya berdomisili di Madiun, maka saya juga bertanggung jawab untuk mengeksplor batik-batik di sana," paparnya di sela-sela photo shoot di Hotel Bumi, beberapa waktu lalu. 

Terlebih, batik-batik Se-Eks Karesidenan Madiun memiliki keunikan masing-masing. Yang membuatnya berbeda dari batik Jawa Timur lain. Salah satunya dari warna. Batik Jawa Timur  terkenal dengan warna-warnanya yang terang. Lain dengan batik Madiunan yang cenderung berwarna sogan karena wilayahnya berbatasan dengan Jawa Tengah. 

Selain itu, motif dari batiknya juga mewakili sumber daya alam masing-masing. Seperti batik khas Ngawi yang mengangkat fosil, di mana di sana terdapat Museum Trinil, Batik Magetan yang didominasi dengan motif rumpun bambu, Ponorogo dengan bunga sepatu dan Madiun yang lebih klasik. "Kalau Madiun itu pecelan. Motifnya semua tentang pecel, mulai dari sayur-sayurnya juga bumbunya," lanjutnya. 

Batik-batik itu, Ulfa wujudkan ke dalam 42 looks. Semua gaun pestanya berpotongan A, sehingga memberikan kesan ramping dan elegan saat dipakai. Tak hanya motif batik, Anggota APPMI Jawa Timur ini juga memberikan sentuhan detail hand painting berupa bunga-bungaan di beberapa busananya. Yang merupakan hasil karya lukisnya sendiri. 

Sebagai desainer yang konsisten menghadirkan koleksi busana muslim elegan, Ulfa tak pernah keluar dari signature desainnya. Begitupun kali ini. Yang mendesain seluruh busananya dengan bermain layer. Baik berupa cape maupun vest maupun jubah panjang. (Is)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia