Kamis, 19 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Dua TPS yang PSU Alami Penurunan Partisipasi Pemilih

28 April 2019, 00: 18: 25 WIB | editor : Wijayanto

MENURUN: Meski alami penurunan partisipasi TPS 11 di Balai RW 02 Kecamatan Lakarsantri, Kelurahan Lidah Kulon berlangsung kondusif, Sabtu (27/4).

MENURUN: Meski alami penurunan partisipasi TPS 11 di Balai RW 02 Kecamatan Lakarsantri, Kelurahan Lidah Kulon berlangsung kondusif, Sabtu (27/4). (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang berlangsung di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Surabaya, yaitu TPS 11 Lidah Kulon dan TPS 28 Rungkut Menanggal mengalami penurunan jumlah partisipasi. 

Dibanding pemungutan suara pertama pada pemilu serentak 17 April lalu, partisipasi PSU di TPS 11 diikuti 254 pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 11 tercatat ada 289 orang. 

Namun saat ini di TPS 11 hanya ada sekitar 219 pemilih. Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 11, Bambang Marsandi mengatakan, hal itu disebabakan pemungutan suara dilakukan saat hari kerja. 

PSU: Peghitungan hasil PSU di TPS 28 Rungkut Menanggal.

PSU: Peghitungan hasil PSU di TPS 28 Rungkut Menanggal. (ISTIMEWA)

“Dibanding kemarin (17 April, Red) partisipasinya sekarang menurun, ya karena banyak yang kerja dan mungkin ada keperluan luar kota. Padahal sebelumnya telah kami sosialisasikan akan dilakukan PSU di TPS 11,” kata Bambang, saat ditemui di Balai RW 02 Kecamatan Lakarsantri, Kelurahan Lidah Kulon, Sabtu (27/4). 

Hal yang sama dialami TPS 28 di Perumahan Rungkut Menanggal Harapan Blok G A, Kecamatan Gunung Anyar, Kelurahan Rungkut Menanggal. 

Pada pemilu 17 April lalu, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya ada 215 dari 278 C6 yang disebar. Namun pada PSU kali ini pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya ada 178 pemilih dengan jumlah C6 yang disebar sama.

Ketua KPPS Rungkut Menanggal Kusnan menjelaskan, di TPS 28 ada 83 pemilih laki-laki, 82 dari DPT dan 1 dari Daftar Pemilih Khusus (DPK). Sedangkan yang perempuan ada 95 dari DPT, dan 3 dari DPK. Dengan jumlah total di TPS 28 ada 296 DPT. 

Menurut Kusnan, menurunnya angka partisipasi dikarenakan pelaksanaan PSU pada hari kerja. “Sosialisasi sudah kami lakukan keliling menggunakan sepeda motor dengan dilengkapi pengeras suara. Dan C6 juga kami sebar ke masing-masing DPT,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya Hadi Margo mengatakan, berlangsungnya PSU di dua TPS pada hari ini (27/4) berjalan sangat kondusif sesuai dengan peraturan.

Dirinya mengungkapkan, partisipasi dari tim keamanan juga sudah disiapkan sejak sebelum datangnya logistik PSU, Jumat (26/4) sore.

Meskipun dilaksanakan pada hari kerja, menurut Hadi, dengan jumlah partisipasi mencapai angka 200 lebih sudah cukup baik. “Meskipun diselenggarakan PSU, partisipasi ini sudah lumayan. Dan masyarakat juga cukup antusias,” pungkas Hadi. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia