Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

300 Pemilih Terdaftar di Coblos Ulang TPS 09 Kloposepuluh

27 April 2019, 12: 51: 24 WIB | editor : Wijayanto

Ketua Bawaslu Muhammad Rosul.

Ketua Bawaslu Muhammad Rosul. (DOK/JPNN)

Share this      

SIDOARJO - Terkait pelanggaran pengerusakan surat suara dari saksi PKB di TPS 09 Desa Kloposepuluh Sukodono, Bawaslu telah mengeluarkan sikapnya. Hari ini (27/4) diadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sebanyak 300 orang yang terdaftar sebagai pemilih di TPS 09 Kloposepuluh diberi kesempatan mencoblos kembali mulai pukul 07.00 sampai pukul 13.00. “Terkait masalah pidana sudah dilimpahkan ke kepolisian,” jelas Ketua Bawaslu Muhammad Rosul.

Perkembangan saat ini, berkas administrasi telah dilimpahkan ke pihak kepolisian. Pelaku akan dikenai hukuman dan denda sesuai UU NO 7 tahun 2017 pasal 532 tentang pemilu.

Pelanggaran yang dilakukan saksi parpol tersebut dilakukan saat perhitungan surat suara. Surat suara dilubangi dengan menggunakan kuku. Saksi parpol yang lain, merekam kejadian tersebut. Ada lima rekaman dengan durasi tiap video selama tiga menit.

Akibatnya, sebanyak 49 surat suara DPRD Kabupaten rusak, surat suara presiden rusak dua, DPR RI 14 lembar, sedangkan DPD 45 lembar dan DPRD provinsi 24 lembar.

Sementara itu menindaklanjuti PSU, Camat Sukodono Mohammad Ainur Rahman mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPK dan Panwascam. Hari ini PSU berjalan. "Seluruh kebutuhan sudah siap," ujarnya.

Dia mengatakan, KPU sudah menyediakan surat suara untuk PSU. Jumlahnya 1000 surat suara. Surat suara berbeda dengan pemilihan yang lalu. Ini khusus untuk PSU.

Menurut dia, jumlah surat suara itu lebih dari cukup. Pasalnya jumlah DPT di TPS 09, Kloposepuluh totalnya 263. "Petugas sudah menyebarkan surat undangan," ujarnya.

PSU itu hanya dikhususkan untuk DPRD Sidoarjo. Pasalnya dari hasil pemeriksaan surat suara DPRD Sidoarjo yang paling banyak rusak. (rpp/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia