Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Tenggat Penghitungan Suara Kurang Seminggu, Baru 4 Kecamatan Tuntas

27 April 2019, 11: 48: 52 WIB | editor : Wijayanto

HARUS RAMPUNG: Penghitungan suara yang berlangsung di salah satu PPK.

HARUS RAMPUNG: Penghitungan suara yang berlangsung di salah satu PPK. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Waktu penghitungan suara untuk pemilu 2019 kurang satu minggu lagi. Hingga kini baru empat kecamatan yang sudah menyelesaikan tahapan etrsebut. Banyaknya jumlah TPS serta kesalahan dalam penulisan hasil perhitungan menjadi penyebab perhitungan belum selesai.

Keempat kecamatan yang sudah menuntaskan penghitungan yaitu Jabon, Wonoayu, Tanggulangin, dan Tulangan. Sedangkan 14 kecamatan lain masih melakukan penghitungan. Setelah penghitungan dari kecamatan, surat suara segera dikirimkan ke KPU.

Komisioner KPU Bidang Teknis Miftakul Rohmah menjelaskan perhitungan surat suara memang membutuhkan waktu. Sebab selain memastikan jumlah surat suara,  petugas harus memastikan surat suara itu sudah benar tercoblos. "Surat suara yang tidak sah juga dihitung," ujarnya.

Selain itu, banyaknya jumlah TPS juga memakan waktu. Miftah menjelaskan, ada tiga Kecamatan yang jumlah TPSnya banyak. Yakni di Sidoarjo, Waru, dan Taman. Di Waru misalnya, satu desa jumlah TPS bisa mencapai 50 lebih.

Meski berjalan lambat, KPU optimistis perhitungan tuntas sebelum batas waktu yang diberikan. Menurut Miftah, mayoritas kecamatan hampir menyelesaikan perhitungan. "Diperkirakan Senin depan sudah selesai," jelasnya.

Setelah tuntas di Kecamatan, perhitungan berlanjut. Surat suara dihitung di KPU. Jika tidak molor, rekap di KPU dimulai Selasa minggu depan. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia