Senin, 14 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Komisi A Imbau KPU dan Bawaslu Awasi PSU

27 April 2019, 11: 11: 31 WIB | editor : Wijayanto

Anggota Komisi A DPRD Jatim Benjamin Kristianto

Anggota Komisi A DPRD Jatim Benjamin Kristianto (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Komisi A DPRD Jatim meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim melakukan pengawasan secara ketat. Hal ini terkait adanya dugaan banyaknya suara yang hilang dalam pemilu 2019.

Anggota Komisi A DPRD Jatim Benjamin Kristianto memberikan apresiasi kepada Bawaslu yang mensinyalir adanya suara yang hilang tersebut. Menurutnya dari temuan bawaslu banyak suara yang berpindah ke orang yang bukan haknya. “Karena KPU dan Bawaslu mitra komisi A DPRD Jatim, maka saya minta untuk bekerja sama,” jelasnya.

Benjamin menambahkan, berdasarkan laporan yang berkembang di lapangan ada beberapa suara siluman yang terjadi di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di daerah Sidoarjo. 

Menurutnya, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mendapatkan laporan dari salah satu masyarakat terkait indikasi penggelembungan suara. “Jumlah suara direkap dalam formulir C1. Perhitungan dilanjutkan di Kecamatan. Jumlah suara salah satu caleg berkurang. Ada indikasi suara itu dimasukkan ke caleg lain,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Aang Khunaifi mengatakan, akan melakukan pengawasan secara ketat pada proses Penghitungan Suara Ulang (PSU). Ia mengaku akan berupaya untuk mencegah, mengawasi dan menindak agar tidak terjadi pelanggaran. “Kami akan melakukan supervisi ke sejumlah TPS yang melaksanakan PSU,” jelasnya. (mus/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia