Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Jelang Ramadan, Kemendag Jamin Stok Bahan Pokok Aman

27 April 2019, 07: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

MELIMPAH: Pekerja mengemas beras di salah satu gudang Bulog di Buduran, Sidoarjo.

MELIMPAH: Pekerja mengemas beras di salah satu gudang Bulog di Buduran, Sidoarjo. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Dinas Perindustrian dan Perdangan Jawa Timur (Disperindag Jatim) memastikan ketersedian dan stabilitas harga kebutuhan pokok (bapok) di pasar rakyat dan ritel modern menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2019 di daerah aman sebelum Puasa dan Lebaran 2019.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Ses Daglu) Kemendag Marthin mengatakan, untuk mengawal kelancaran pasokan bapok akan didistribusikan satu bulan sebelum puasa ke seluruh daerah sesuai kebutuhannya secara bertahap sebagai antisipasi terhadap iklim dan hal-hal tak terduga lainnya.

Selain itu, menurutnya, pemerintah siap mengisi stok beras medium di pasar rakyat bila terjadi kekurangan. "Untuk mengamankan pasokan diperlukan koordinasi antara para pemangku kepentingan di daerah, baik pemda, satgas pangan, pelaku usaha, maupun distributor untuk melakukan penetrasi pasar rakyat dan ritel modern.

“Kita juga akan lakukan Operasi Pasar (OP) bila terjadi gejolak harga komoditi di pasar," ungkap Marthin di sela-sela Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Menjelang Ramadan dan Idulfitri 2019 di Surabaya.

Sedangkan hasil dari pemantauan harga dan stok yang dilakukan di Pasar Wonokromo dan ritel modern, tercatat harga bapok relatif stabil dan stok aman. Untuk harga beras premium sebesar Rp 11.000 – Rp 12.800 per kilogram, harga beras medium Rp 8.250 – Rp 9.000 per kilogram (beras medium HET Jawa Timur Rp 9.450 per kilogram). Sedangkan harga minyak goreng curah Rp 11.000 per kilogram, dan lain sebagainya. Dan stok beras Bulog Divre Jatim tercatat sebanyak 601.703 ton.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan menambahkan, pihaknya memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan selama momen Ramadan dan Lebaran tahun ini. Untuk mengamankan pasokan bahan pokok dan harga, Disperindag Jatim sudah melakukan sejumlah upaya pemantauan melalui Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim.

Dari pantauan data Siskaperbapo, sejumlah komoditas utama, di antaranya seperti beras berbagai jenis, minyak goreng, tepung, bumbu-bumbuan, cabe keriting, telur ayam, dan daging ayam ras dinilai cukup stabil. "Hampir seluruh bahan pokok harganya stabil, hanya tinggal sedikit yakni komoditas bawang putih yang kurang pasokan dan masih menunggu impor dari Kemendag," tuturnya.

Drajat menambahkan, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok saat momen Ramadan ini, Disperindag Jatim, pemerintah kota/kabupaten maupun Bulog akan menggelar operasi pasar murah serentak mulai H-5 Ramadan hingga H+3 Lebaran. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia