Rabu, 17 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Laris Manis, Sehari 800 Orang Minta Layanan ke MPP

26 April 2019, 18: 08: 48 WIB | editor : Wijayanto

Laris Manis, Sehari 800 Orang Minta Layanan ke MPP

SIDOARJO - Sejak diresmikan pada 29 Januari lalu, kini jumlah pengunjung di mall pelayanan publik (MPP) Sidoarjo terus mengalami peningkatan. Masyarakat kini lebih memilih datang ke gedung yang ada di Jalan Veteran tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan, Informasi dan Pengaduan Taufik Hartanto mengatakan, setiap hari tidak lebih dari 800 pengunjung datang ke MPP untuk mengurus berbagai macam keperluan. Beberapa masyarakat bahkan sudah datang sebelum pelayan tersebut dibuka. “Dibuka pukul 08.00, tapi itu sudah ada yang menunggu,” katanya.

MPP sendiri berisi 34 instansi serta 134 pelayanan. Mulai dari Dispendukcapil, Samsat, Disnaker hingga Dinas Penanaman Modal. Dari sekian pelayanan yang ada, terdapat beberapa pelayanan yang terlihat selalu ramai dikunjungi.

Di antaranya Dispendukcapil, BPJS Kesehatan, Perizinan hingga Samsat. Dari empat pelayanan tersebut, pelayanan Dispendukcapil menjadi salah satu pelayanan yang paling banyak dikunjungi, “Kuotanya sehari 200 hingga 300 pelayanan,” terangnya.

Bahkan Dispendukcapil membuka dua loket pelayanan. Yakni di loket b dan c. Untuk loket b digunakan pelayanan umum seperti pegurusan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan surat pindah. Sementara untuk loket c untuk perekaman e ktp, legalisir dan pengambilan e ktp.

Namun begitu, pelayanan Dispendukcapil sendiri hanya melayani enam kecamatan. Di antaranya, Buduran, Sedati, Wonoayu, Tanggulangin, Tulangan dan Jabon. “Walau hanya enam kecamatan tapi kadang membeludak,” katanya

Sementara itu, untuk pelayanan BPJS Kesehatan, jumlah pengunjung yang datang setiap harinya tidak lebih dari 110 orang.  Sementara untuk perizinan, jumlah pengunjung yang datang rata-rata lebih dari 90 orang.

Bahkan kata Taufik, untuk pelayanan perpanjangan SIM di MPP, kini jam pelayanannya ditambah. Penambahan tersebut dibuka pada hari Sabtu mulai pukul 08.30 hingga 12.00. “Tapi itu khusus penduduk Sidoarjo,” pungkasnya. (far/nis)

(sb/jpk/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia