Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Features

Lewat Marhaban Yaa Dermawan, ACT Jatim Siap Bantu Entaskan Kemiskinan

26 April 2019, 11: 26: 35 WIB | editor : Wijayanto

PROGRAM RAMADAN: Branch Manager ACT Jatim, Wahyu Sulistianto Putro (kanan) didampingi Syeikh As'ad Hammouda dan penerjemah saat menjelaskan program Ma

PROGRAM RAMADAN: Branch Manager ACT Jatim, Wahyu Sulistianto Putro (kanan) didampingi Syeikh As'ad Hammouda dan penerjemah saat menjelaskan program Marhaban Yaa Dermawan di Teras Digital Cafe Surabaya, Rabu (24/4). (WIJAYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Bulan Ramadan sebagai momentum untuk menebar amal kebaikan dimanfaatkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengajak umat muslim sedunia memperbanyak amal saleh melalui program kemanusiaan bertema “Marhaban Yaa Dermawan.”

Melalui program ini, organisasi nirlaba (NGO) yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan tersebut mengajak para stakeholders untuk menjadikan Ramadan sebagai bulan akselerasi kedermawanan melalui berbagai program sosial berupa bantuan langsung maupun pemberdayaan ekonomi.

 “Sekalipun Indonesia masih disibukkan dengan agenda politik, Ramadan merupakan momentum untuk menyatukan berbagai perbedaan demi satu kepedulian sosial untuk membantu dan berbagi kepada sesama. Kita harus ingat bahwa ekonomi sejumlah negara yang berpenduduk mayoritas muslim masih mengkhawatirkan, khususnya akibat konflik berkepanjangan dan bencana alam,” kata Presiden ACT, Ahyudin.

DONASI: Salah satu bentuk bantuan kemanusiaan untuk warga kurang mampu yanh dilakukan ACT pada Ramadan tahun lalu.

DONASI: Salah satu bentuk bantuan kemanusiaan untuk warga kurang mampu yanh dilakukan ACT pada Ramadan tahun lalu. (ISTIMEWA/ACT JATIM)

Sejalan dengan program bulan kedermawanan dari pusat tersebut, ACT Jatim juga menggiatkan aktivitas pengumpulan donasi yang salah satunya ditujukan untuk membantu pengentasan kemiskinan di Jawa Timur yang angkanya masih cukup tinggi.

Branch Manager ACT Jatim, Wahyu Sulistianto Putro mengatakan, Ramadan adalah momen terbaik bagi para dermawan untuk menebar amalan kebaikan. “Tujuan finalnya agar program-program yang telah kami susun bisa berperan membantu mengentaskan kemiskinan,” ujarnya.

Total ada tujuh program yang telah disiapkan untuk mengisi momen Ramadan 1440 H yang bertemakan “Marhaban Yaa Dermawan” tahun ini. Yang pertama adalah Kapal Ramadan berupa bantuan logistik dan paket sembako untuk ratusan ribu masyarakat prasejahtera di seantero nusantara.

“Program ini tidak hanya untuk masyarakat prasejahtera di perkotaan, tapi juga ke pedesaan dan pelosok negeri. Kami akan memberangkatkan kapal ramadan dari lima titik yang membawa paket-paket  pangan untuk ratusan ribu masyarakat prasejahtera di seantero nusantara,” katanya.

Kedua, program Peduli Tepian Negeri. Ini berupa program pembangunan sekolah dan pengiriman dai-dai ke lokasi-lokasi terpencil di perbatasan negeri untuk penguatan akidah. Ketiga adalah program Dapur Ramadan berupa penyediaan konsumsi untuk ifthar atau berbuka puasa bagi anak yatim dan orang miskin.

“Kami juga menyiapkan program solidaritas kemanusiaan untuk dunia Islam berupa program bantuan untuk masyarakat pengungsi di Gaza, Rohingya, Uighur dan Yaman. Mereka ini masih butuh kita. Selain tentu saja juga ada program bantuan saudara sebangsa,” jelas Wahyu.

Selain itu, ACT juga membuat program Qurban Progresif berupa pembelian hewan qurban di awal waktu dengan harga yang lebih murah lewat sistem angsuran. Dan terakhir adalah program Global Wakaf berupa pengelolaan wakaf produktif untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan umat.

Untuk penggalangan donasi selama bulan Ramadan ini, ACT Jatim lewat kantor cabangnya di Surabaya, Malang dan Jember, menargetkan akan mampu mengumpulkan dana bantuan sekitar Rp 8,4 miliar. Ini merupakan bagian dari target secara nasional selama Ramadan yang mencapai 274 miliar.

Bersamaan dengan peluncuran program “Marhaban Yaa Dermawan” ini, ACT juga memperkenalkan berbagai fitur digital terbaru untuk memudahkan keterlibatan khalayak dalam kegiatan kemanusiaan dan kedermawanan sekaligus sebagai fungsi monitoring.

Dian Laksana, Head of Marketing Communication ACT Jatim mengatakan, empat situs terbaru yang dihadirkan ACT merupakan optimalisasi perannya sebagai lembaga kemanusiaan (humanitarian aid) yang profesional dan akuntabel, terutama dalam menyalurkan donasi umat lewat program-program sosial kemanusiaan.

”Kami ACT memang sedang merambah dunia digital. Khusus untuk situs news.act.id dan actnews.tv adalah untuk meningkatkan kualitas ACT dari segi komunikasi. Insya Allah, ACT akan menayangkan semua informasi mengenai program-program Ramadan ini dalam bentuk berita artikel dan video di situs tersebut. Setiapprogram akan ditampilkan kisah dan pencapaian donasinya untuk mengundang empati masyarakat,” paparnya. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia