Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Khusus untuk CJH yang Sudah Pernah Haji

Pelunasan BPIH Tahap Kedua Dimulai 30 April

26 April 2019, 08: 43: 06 WIB | editor : Wijayanto

TAHAP DUA: Proses pembuatan paspor untuk haji 2019.

MENUNGGU TAHAP DUA: Proses pembuatan paspor untuk haji 2019. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua akan dibuka mulai 30 April hingga 10 Mei nanti. Pelunasan BPIH pada tahap kedua tersebut diperuntukkan bagi Calon Jamaah Haji (CJH) yang sudah pernah melaksanakan haji sebelumnya.

Hingga kini total CJH tersebut berjumlah 98 orang. Selain itu, pelunasan BPIH ditahap kedua juga diperuntukkan bagi CJH cadangan yang berjumlah 105. Kemudian juga diperuntukkan bagi CJH yang mengusulkan penggabungan.

Penggabungan orang tua anak, atau suami istri bahkan dengan lansia, kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin.

Dia menambahkan, hingga saat ini Kemenag Sidoarjo masih menunggu data jumlah CJH yang melakukan pemohonan penggabungan dari Kemenag pusat.

Untuk itu, pihaknya hingga saat ini belum dapat memastikan jumlah CJH yang akan melakukan pelunasan ditahap kedua. Karena kan kita menunggu pengumuman itu tadi, terangnya.

Sementara itu, bagi CJH yang sudah melakukan pelunasan pada tahap pertama, nantinya akan mulai melakukan perekaman biometrik pada tanggal 27 April. Total ada sekitar 1300 CJH.

Selain itu, perekaman biometrik tersebut akan dilanjutkan pada tanggal 29 April sebanyak 614 CJH. Nanti mereka yang belum biometrik, kita akan kasih rekomendasi, ujarnya.

Proses perekaman biometrik tersebut dilakukan secara bergilir untuk menghindari penumpukan di lokasi perekaman biometrik. Sebab kata Nasrudin, hampir 70 persen CJH di Jawa Timur melakukan biometrik di Surabaya.

Nasruddin berharap kepada CJH asal Sidoarjo agar dapat meluangkan waktu sesuai jadwal untuk melakukan perekaman biometrik. Sementara untuk CJH yang akan melakukan pelunasan ditahap kedua, pihaknya juga akan melakukan penjadwalan. Nanti kita sesuaikan lagi, pungkasnya. (far/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia