Minggu, 26 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Perbankan Dorong Kredit Lewat Kemitraan

25 April 2019, 16: 37: 54 WIB | editor : Wijayanto

DORONG KREDIT: Program kemitraan bank menjadi salah satu strategi untuk mencapai target.

DORONG KREDIT: Program kemitraan bank menjadi salah satu strategi untuk mencapai target. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

GRESIK - Sejumlah bank plat merah di Kabupaten Gresik menargetkan penyaluran kredit melalui program kemitraan. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mencapai target yang telah dicanangka takni dengan memberikan fasilitas berupa kredit ringan.

Pemimpin Bidang Consumer Bank BNI Gresik, Tri Rahayu Septiwi mengatakan, Bank BNI menyediakan dana bagi pelaku usaha melalui program kemitraan

“Kami memberikan dukungan fasilitas berupa kredit ringan untuk menciptakan enterpreneur baru tahun ini. Hal ini kami lakukan untuk mendorong Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN),”katanya. Pihaknya juga menyediakan fasilitas pembiayaan lain khusus untuk menguatkan para wirausahawan baru, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan BNI Wirausaha (BWU).

“Nasabah KUR sebagian besar adalah nasabah mitra binaan BNI yang telah naik kelas dari bantuan Kredit Kemitraan menjadi nasabah KUR,” imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Manager Ritel Bisnis Bank BRI Gresik, I Gede Suryawan. Dia mengungkapkan, untuk mendorong kredit kemitraan bank BRI Gresik tidak hanya memberikan bantuan pinjaman lunak melainkan nasabah mitra binaan juga mendapat pelatihan dari BRI untuk mempertajam jiwa kewirausahaan.

“Tahun lalu, kami telah menyalurkan pinjaman lunak sebesar Rp 30 miliar kepada ribuan debitur. Diharapkan tahun ini jumlahnya bisa naik minimal 15 persen,” kata Gede.

Dikatakan, untuk program kemitraan BRI menyasar beberapa usaha mikro dan kecil yang ada beberapa sentra UKM di Gresik. “Kami fokus membidik nasabah potensial yang non bankable untuk mengembangkan usahanya melalui kredit lunak dari BRI,” pungkasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia