Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya
Bohongi Pacar Berdalih Ngisi Job MC di Sutos

TERUNGKAP, Vanessa Melacurkan Diri untuk Tutupi Biaya Pesta Ultah

25 April 2019, 09: 15: 20 WIB | editor : Wijayanto

SIDANG PERDANA: Vanessa Angel (tengah) saat menjalani pemeriksaan di Polda Jatim.

SIDANG PERDANA: Vanessa Angel (tengah) saat menjalani pemeriksaan di Polda Jatim. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Setelah beberapa kali hadir di persidangan sebagai saksi, artis Vanessa Angel akhirnya tampil menjalani sidang perdananya sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Rabu (24/4). Dalam sidang dakwaan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dhini menyebut jika artis FTV itu nekat menawarkan diri lantaran sepi job dan butuh uang untuk merayakan pesta ulang tahunnya.

Vanessa datang ke PN Surabaya sekitar pukul 13.00. Setelah itu, dia masuk ke Ruang Cakra dengan diiringi sorotan puluhan kamera dari wartawan. Setelah dia duduk di kursi pesakitan, sidang yang dipimpin hakim Dwi Purwadi itu langsung dibuka dengan pembacaan dakwaan dari jaksa. 

Dalam dakwaannya, JPU Dhini mengatakan jika Vanessa sengaja menghubungi saksi mucikari Endang Suhartini (berkas terpisah) melalui pesan elektronik di whatsapp. Saat itu, Vanessa meminta Endang alias Siska untuk mencarikan pelanggan layanan seks lantaran sepi job dan butuh uang untuk tambahan biaya pesta ulang tahunnya. 

"Terdakwa sempat mengatakan jika ini adalah aksi terakhirnya, lantaran ia akan menikah," kata Dhini. 

Atas permintaan Vanessa, Endang lantas menghubungi mucikari lain yakni Fitriandy. Setelah melalui sejumlah orang, Vanessa pun mendapatkan pelanggan. Vanessa dipilih setelah pelanggan sebelumnya ditunjukkan foto-foto syur sejumlah artis. Salah satunya Vanessa Angel dengan tarif Rp 45 juta belum termasuk hotel dan akomodasi. 

Singkatnya, tarif Rp 45 juta itu akhirnya disepakati pelanggan dan uangnya ditransfer ke rekening mucikari Siska, sehingga yang diterima Vanessa murni Rp 35 juta.

Sesuai kesepakatan, pada tanggal 5 Januari 2019, Vanessa terbang ke Surabaya dari Jakarta untuk menemui calon pelanggannya. Dia meminta kepada Siska untuk merahasiakan job esek-esek yang diterimanya itu kepada sang pacar dengan menyamar akan bekerja mengisi job sebagai pembawa acara (MC) di Mal Sutos Surabaya.

Sesampainya di Surabaya, Vanessa menuju ke Hotel Vasa tepatnya di kamar No. 2721 yang ternyata di dalamnya telah menunggu seorang pria bernama Rian Subroto yang telah membooking terdakwa dan artis lain yakni saksi Avrielya Shaqila masing-masing dengan tarif Rp 80 juta dan  Rp 25 juta, tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 27 ayat (1) UU RI Nomor 11 tahun 2008 juncto Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” papar JPU. 

Usai membacakan dakwaan tersebut, Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi meminta mengosongkan ruang sidang lantaran sidang perkara asusila itu dilanjutkan dengan sistem tertutup sesuai perundang-undangan. (yua/jay)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia