Jumat, 20 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Features

Sambut Ramadan, ACT Tebarkan Salam "Marhaban Yaa Dermawan"

24 April 2019, 13: 30: 00 WIB | editor : Wijayanto

Program Kapal Ramadan Aksi Cepat Tanggap

Program Kapal Ramadan Aksi Cepat Tanggap (ISTIMEWA/ACT)

Share this      

JAKARTA – Ramadan diyakini sebagai bulan penuh berkah dan kebaikan. Umat pun dianjurkan berlomba-lomba dalam kebaikan. Fastabiqul khoirot. Sebab segala macam ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan akan diganjar dengan pahala berlimpah. Tidak heran jika masing-masing insan akan berlomba-lomba menjadi bermanfaat di bulan penuh pahala dan ampunan tersebut. Caranya dengan meningkatkan ibadah hingga meluaskan kedermawanan.

Ustad Amir Faishol Fath

Ustad Amir Faishol Fath (ISTIMEWA/ACT)

Ustad Amir Faishol Fath menyampaikan, umat seyogyanya meneladani perilaku Rasulullah SAW. Ia mengumpamakan dengan pohon kurma. Pohon yang mampu hidup di padang pasir ini hampir semua bagiannya bermanfaat. Mulai daunnya, batangnya dan buahnya, semua bermanfaat.

“Seorang mukmin seharusnya hidupnya bermanfaat, kekayaannya bermanfaat, dan sehatnya bermanfaat. Seperti yang dikisahkan Rasulullah SAW kepada para sahabat tentang pribadi seorang mukmin yang seharusnya seperti tanaman kurma,” jelas Ustad Amir.

Sekaitan dengan itu, Ustad Amir hendak menyampaikan bahwa seorang mukmin seharusnya tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. “Sebagaimana hadis Rasulullah, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, maka kesalehan seorang mukmin adalah ketika dia membawa kemasalahatan, terutama untuk kemanusiaan,” jelas ustad kelahiran Sumenep, Madura itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, menjadi manusia bermanfaat adalah inti peradaban Islam. Islam diturunkan Allah SWT untuk memuliakan manusia, mengangkat derajatnya, dan menyelamatkannya di muka bumi.

“Maka tugas kemanusiaan termasuk tugas besar dalam Islam. Seorang muslim bukan hanya berpikir untuk dirinya, tetapi juga berpikir untuk orang lain,” ungkap pendiri Fath Qur’ani Center dan Lembaga Darut Tafsir Fath Institute ini. Sebab itu, ia mengajak umat muslm bersinergi, saling membantu, dan menunaikan amanah yang Allah titipkan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan tak mau kalah dalam memfasilitasi umat mengerjakan kebaikan. Menjelang bulan suci Ramadan, Aksi Cepat Tanggap memanggil para dermawan terbaik lewat program Marhaban Yaa Dermawan.

“Ramadan ini, Aksi Cepat Tanggap mengajak para dermawan untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya. Aksi Cepat Tanggap percaya, filantropi Islam merupakan cara yang paling baik dalam mengangkat derajat umat. Sebab itu pada Ramadan kali ini, kami tidak mau kalah mengambil peran dalam menyelematkan umat,” jelas Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis Kurniawan, Senin (22/4).

Lukman menyampaikan, Ramadan kali ini Aksi Cepat Tanggap akan berikhtiar sekuat mungkin dalam menebarkan kebaikan, baik di dalam negeri maupun secara global. “Kami akan berikhtiar memberikan Ramadan terbaik antara lain melalui program Kapal Ramadan, Tepian Negeri, dan Indonesia Humanitarian Center for Gaza. Kami mengajak para dermawan menciptakan peradaban dunia yang lebih baik pada Ramadan kali ini. Menyambut Ramadan, kami mengucapkan salam terbaik kepada para dermawan, Marhaban yaa Dermawan!” ucapnya. (act/jay)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia