Rabu, 21 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Jalan Simpang Segoromadu Mulai Diperbaiki

24 April 2019, 12: 48: 01 WIB | editor : Wijayanto

DIURUK: Perbaikan Simpang Segoromadu diawali dengan pengurukan dan pemadatan jalan.

DIURUK: Perbaikan Simpang Segoromadu diawali dengan pengurukan dan pemadatan jalan. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Kerusakan jalan di Simpang Empat Segoromadu, Kecamatan Kebomas akhirnya diperbaiki. Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII mulai menguruk memadatkan jalan. Itu dilakukan setelah Pemkab Gresik tiga kali mengirimkan surat permohonan perbaikan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU dan Tata Ruang Gresik, Dianita Tri Astuti mengakui, pihaknya beberapa kali mengirimkan surat permohonan perbaikan jalan ke BBPJN sejak Januari. Namun baru direspon bulan ini.

“Seingatnya tiga kali kami mengirim surat. Isinya meminta agar jalan pintu masuk kota yang rusak dan ambles itu diperbaiki,” katanya.

Dikatakan, perbaikan dilakukan pada malam hari agar tidak menganggu arus lalu lintas kendaraan. Perbaikan dimulai dari sisi bahu jalan dengan melakukan pengerukan aspal yang rusak dan bergelombang dengan material pasir dan batu. “Karena teknis perbaikan ada di BBPJN VIII jadi saya tidak tahu persis dilakukan berapa lama,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Preservasi Jalan dan Jembatan DPU Gresik, Femmy Husada menambahkan, berdasarkan hasil inspeksi dilapangan kerusakan di simpang empat segoromadu diakibatkan banyak faktor. Mulai dari adanya saluran drainase air di bawah, adanya galian pipa gas serta faktor beban muatan kendaraan yang melintas.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan BBPJN VIII apakah saluran air dibawah ini perlu digalu lebih dalam atau diperkuat strukturnya agar tidak ambles,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Surabaya-Gresik BBPJN VIII, Herlambang Zulfikar menjelaskan, tahun ini pihaknya tengah beberapa perbaikan jalan di Gresik. Salahsatunya di Jalan Raya Veteran tepatnya di perempatan Segoromadu.

Herlambang mengaku, selain di Jalan Veteran, perbaikan juga akan dilakukan dibeberapa ruas jalan nasional di Gresik. Diantaranya di simpang empat tol bunder, ruas Terminal Bunder hingga Duduksampeyan. “Kami targetkan sebelum lebaran semua perbaikan tuntas,” tegasnya.

Sebelumnya, kerusakan Simpang Empat Segoromadu nyaris tak tersentuh oleh perbaikan. Sebab, sejak 6 bulan terakhir wajah jalan dibiarkan bopeng, berlubang, berair, dan bergelombang. Bahkan pada jam masuk kerja, kemacetan kerap terjadi di sekitar perempatan Segoromadu. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia