Kamis, 23 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Gelar 17 PSU dan 2 PSL di Jatim

24 April 2019, 00: 32: 45 WIB | editor : Wijayanto

Ketua KPU Jatim Choirul Anam.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam. (DOK/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - KPU Jatim menyebut rekomendasi  pemungutan suara ulang (PSU) di Jatim menjadi 17 TPS. Selain itu ditambah dua pemungutan suara lanjutan (PSL).

"Ada satu tambahan PSU dari Pasuruan. Selain itu untuk PSL juga dari Pasuruan dan Kediri," ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Selasa (23/4).

Anam mengatakan, PSL hanya mengundang pemilih yang pada hari H tidak mendapatkan surat suara. Untuk Kediri ada 49 pemilih dan 47 pemilih di Kabupaten Pasuruan. "Untuk PSL kita laksanakan hari ini (kemarin). Sedangkan PSU maksimal pada 27 April. Masing-masing kabupaten/kota berbeda pelaksanaannya," jelasnya.

Mantan Komisioner KPU Surabaya ini menambahkan, untuk PSU yang ada pada satu TPS di Pasuruan ini disebabkan karena ada pemilih yang terkena kabar hoax. Yakni, tidak memiliki hak pilih tapi memaksa menggunakan hak pilih.

"Jadi mereka terkena kabar yang tidak benar, bahwa hanya dengan menggunakan e-KTP bisa menggunakan hak pilihnya dimanapun. Ini ada lima pemilih yang memaksa memilih," katanya.

Proses pelaksanaan PSU tidak ada kendala. Untuk logistik sudah dipenuhi. "Kita sudah mendapat kiriman logistik surat suara khusus PSU dari pihak penyedia," tuturnya.

Di Surabaya, Anam mengungkapkan ada 2 TPS yang menggelar PSU. Di Kecamatan Rungkut dan Kecamatan Lakarsantri yang rencananya akan digelar pada 27 April. "Secara prinsip semuanya siap, namun karena masih ada proses rekapitulasi di kecamatan lain sehingga diputuskan dilakukan pada hari akhir PSU," pungkasnya. (mus/vga)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia