Rabu, 22 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

11 Ribu Pelajar Indonesia Kuliah di Malaysia

24 April 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

11 Ribu Pelajar Indonesia Kuliah di Malaysia

11 Ribu Pelajar Indonesia Kuliah di Malaysia (Grafis)

EMBONG MALANG- Saat ini terdapat 11 ribu mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Malaysia. Pelajar dari Jakarta, Medan, Bandung dan Surabaya mendominasi angka tersebut. Dimana Surabaya menduduki angka yang cukup besar, sebanyak 15 persen, atau sebanyak 1.650 pelajar. 

Menteri Penasehat Kedutaan (Pendidikan) Malaysia di Jakarta Profesor Madya Dr. Mior Harris Bin Mior Harun menyebutkan, dari angka tersebut, 70 persen angkanya didominasi oleh mahasiswa strata satu. Sementara sisanya merupakan mahasiswa strata dua atau setingkat magister. 

Ilmu sosial seperti manajemen, bisnis maupun komunikasi menjadi jurusan favorit dari mahasiswa Indonesia yang belajar di Malaysia. Ilmu-ilmu itu menempati 70 persen minat mahasiswa dari Indonesia, sisanya adalah ilmu teknik. “Dari segi bidang sebenarnya tidak ada bidang yang utama, karena universitas di Malaysia ada 500 jurusan, sehingga tidak ada jurusan yang dominan,” jelasnya dalam ekspo pendidikan Malaysia di Four Points Hotel Surabaya, Senin (22/4) malam.

Biaya yang murah menjadi salah satu pendorong banyaknya mahasiswa Indonesia yang belajar di Malaysia. Dibandingkan dengan kampus swasta dalam negeri, kampus swasta di Malaysia menawarkan biaya yang lebih murah. Universitas-universitas di Malaysia memang menawarkan beasiswa namun tak sebanyak dengan Tiongkok ataupun Belanda, namun biaya yang dibuat tak terlalu tinggi sudah menjadi daya tarik tersendiri. “Kita ada satu tagline yaitu terjangkau dan terakui. Kualitas datang dari terakui, kita membicarakan akreditasi, dan ini datang dari tagline-nya,” paparnya.

Berdasarkan World University Rangking, beberapa universitas di Malaysia masuk jajaran 15 universitas terbaik di Asia Tenggara. Di antaranya adalah Universitas Malaysia yang menduduki peringkat ke tiga, Universitas Kebangsaan Malaysia di peringkat empat, Universitas Sains Malaysia di peringkat enam dan Universitas Teknologi Malaysia berada di posisi tujuh.  Sementara dua universitas terbaik Indonesia, Universitas Indonesia menempati posisi sembilan dan Universitas Gajah Mada beradai di posisi 14.  

”Yang ingin kami sampaikan, saat ini tidak perlu datang jauh-jauh ke Eropa, karena di Malaysia mahasiswa juga mendapatkan pendidikan yang sama baik, itulah mengapa orang Indonesia banyak yang tertarik juga,” imbuhnya. 

Ketua Eksekutif persatuan Universitas Malaysia menjelaskan, biaya hidup serta kultur masyarakatnya yang masih hampir sama dengan kultur masyarakat Indonesia menjadi daya tarik lain bagi mahasiswa asal Indonesia yang belajar di Malaysia. Ia menyebutkan, mulai dari harga kebutuhan sehari-hari, dan jenis makanan yang juga hampir sama membuat banyak mahasiswa tidak perlu beradaptasi lagi. “Alasan dekat, serumpun dan terjangkau inilah yang membuat univeristas di Malaysia menarik banyak mahasiswa,” imbuhnya. (is/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia