Minggu, 26 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Dituntut 1,5 Tahun Penjara, Dhani Teriak "Prabowo Menang"

23 April 2019, 18: 22: 41 WIB | editor : Wijayanto

BAKAL DIHUKUM LAGI: Ahmad Dhani (hem purih bersurban hitam) di persidangan PN Surabaya, Selasa (23/4)

TERDAKWA: Ahmad Dhani duduk di kursi pesakitan dalam persidangan di PN Surabaya, Selasa (23/4). (SURYANTO PUTRA MUJI/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Setelah sempat tertunda, sidang tuntutan atas terdakwa kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (23/4). Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmat Hari Basuki menuntut terdakwa kasus video vlog "idiot" itu dengan hukuman penjara selama 1,5 tahun.

Dari hasil keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan di persidangan, termasuk ketarangan ahli, JPU Rahmat menilai jika terdakwa yang merupakan pendiri grup band Dewa 19 itu diduga telah melanggar pasal  27 ayat 3 Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) melalui vlog yang dia buat di akun media sosialnya.

"Dengan sejumlah fakta di persidangan, dia diduga bersalah dan menuntutnya dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara," ungkap jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jatim itu.

Setelah tuntutan itu disampaikan, JPU juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam tuntutan terhadap musisi kelahiran Surabaya itu.

Ada beberapa hal yang membaratkan tuntutan terhadap Ahmad Dhani, salah satunya adalah terdakwa tidak merasa bersalah dan tak menyesali perbuatannya. "Sedangkan hal yang meringankan terdakwa adalah bersikap sopan dalam persidangan," tandas JPU Rahmat.

Menanggapi tuntutan itu, Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Sahid, tak langsung menerima. Dia meminta waktu dua minggu untuk mengajukan pembelaan tertulis atau pledoi. Persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Anton Widyopriyono itu pun akan dilanjutkan pada Selasa (7/5) mendatang dengan agenda pembacaan pledoi.

Sementara itu, Ahmad Dhani datang ke persidangan dengan mengenakan kemeja putih dan memakai surban warna hitam. Warna itu selaras dengan celana yang dikenakan. Dalam persidangan, Dhani ditemani istri tercintanya, Mulan Jameela.

Mengenai tuntutan yang dibacakan JPU, Dhani enggan berkomentar. Namun saat hendak masuk ke mobil tahanan kejaksaan usai persidangan, caleg Partai Gerindra itu sempat berteriak, "Prabowo Menang!" (yua/jay)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia