Sabtu, 25 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Bawaslu: Hitung Ulang Hanya Jika Ada Selisih Salinan C1 dan C1 Plano

23 April 2019, 17: 06: 40 WIB | editor : Wijayanto

KLARIFIKASI: Ketua Bawaslu Surabaya Hadi Margo Sambodo (tengah) di kantor Bawaslu.

KLARIFIKASI: Ketua Bawaslu Surabaya Hadi Margo Sambodo (tengah) di kantor Bawaslu. (NET)

SURABAYA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya, Hadi Margo Sambodo S.Pd memberikan klarifikasi soal rekomendasi Bawaslu untuk penghitungan ulang di seluruh 8.146 TPS di Surabaya.

Bertempat di kantor Bawaslu Kota Surabaya Jalan Arif Rahman Hakim No. 131-133 Surabaya, Hadi memberi klarifikasi agar masyarakat bisa tenang menyikapi rekomendasi Bawaslu Surabaya.

Klarifikasi dari Ketua Bawaslu Kota Surabaya ini menyatakan bahwa tidak benar bahwa Bawaslu merekomendasi untuk menghitung suara ulang di seluruh TPS di Surabaya. Hitung suara ulang hanya jika terdapat selisih salinan c1 dengan c1 plano karena adanya salah jumlah sehingga harus dicocokkan dengan c1 plano.

Yakni jumlah pengguna hak pilih yang terkait absensi kehadiran dan surat suara yang masuk. “Kalau tidak ada perselisihan ya tidak ada hitung ulang,” ujarnya.

Hadi menambahkan bahwa penghitungan ulang merupakan hal yang biasa di setiap proses pemilu. Namun, ia mengakui dari Bawaslu Surabaya tidak ada laporan soal penggelembungan suara.

“Ini yang gaduh kan elit politik bukan rakyatnya, dan tim kami sudah survei ke lapangan kalau di PPK wilayah Surabaya aman-aman saja. Semua kan sudah diatasi oleh Bawaslu Jatim, KPU Jatim, KPU Kota Surabaya maupun Bawaslu Kota Surabaya. Jadi mohon tenang di seluruh element masyarakat kota Surabaya maupun elit politik semua sudah sesuai Prosedurnya dan ada Undang-undangnya,” katanya mengklarifikasi.

Namun demikian, ia membenarkan jika terdapat dua TPS di dua kecamatan yang harus melaksanakan Penghitungan Suara Ulang (PSU) karena ditemukan kesalahan. Yakni TPS 28 di Kelurahan Gungung Anyar dan TPS 11 di Kelurahan Lakarsantri. PSU akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4) mendatang. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia