Minggu, 26 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Jelang Lawan MU, Kekuatan Persebaya Timpang

23 April 2019, 15: 22: 56 WIB | editor : Wijayanto

LENGKAP: Dua motor Persebaya Otavio Dutra dan Manu Dzhalilov.

BELUM LENGKAP: Dua motor Persebaya Otavio Dutra dan Manu Dzhalilov. (DOK/RADAR SURABAYA)

Surabaya – Persebaya terancam tanpa pemain terbaiknya saat menghadapi Madura United (MU), Kamis (25/4). Tak kurang dari empat pemain harus menepi dengan sejumlah masalah. Situasi yang tidak ideal dalam perjuangan Persebaya di ajang Piala Indonesia.

Empat pemain itu adalah Hansamu Yama Pranata, Ruben Sanadi, Manu Dzhalilov, dan Oktafianus Fernando. Selain itu, Persebaya juga tidak bisa memainkan striker Amido Balde karena sedang pulang kampung.

Tanpa lima pemain tersebut, komposisi pemain Persebaya saat bertemu Madura United dipastikan akan berubah. Terutama di lini belakang yang jadi sektor paling terdampak atas badai cedera yang menghantam Persebaya.

Sebab, Hansamu dan Ruben adalah pemain reguler, bahkan leader di dalam tim. Hansamu selama ini mengisi posisi bek tengah bersama Dutra. Jika ia absen, ada tiga pemain yang siap menggantikannya. Yakni Andri Muliadi, Rachmat ‘Rian’ Irianto, dan M. Syaifuddin.

Mengingat kondisi Ruben yang masih cedera, maka M. Syaifuddin kemungkinan akan ditugaskan sebagai bek kanan. Sementara posisi Ruben sebagai bek kiri akan diisi oleh Novan Setya Sasongko.

Sekarang Persebaya punya dua opsi penganti Hansamu, yakni Andri dan Rian. Kualitas kedua pemain ini mungkin setara. Akan tetapi, jika berbicara masalah pengalaman, Andri masih lebih unggul daripada Rian.

Sementara lini tengah Persebaya memang tak ikut terken imbas. Djanur sebagai head coach masih bisa memainkan Damian Lizio, Misbakhus Solikin, dan M. Hidayat. Jika Hidayat belum fit, Persebaya dapat menurunkan Abu Rizal Maulana sebagai pemain jangkar.

Bergeser ke lini depan. Oktafianus, Dzhalilov, dan Balde dipastikan tak akan bermain melawan Madura United. Tapi, Persebaya masih punya stok untuk mengisi sektor ini. Irfan Jaya masih akan ditempatkan sebagai winger. Sedangkan Osvaldo Haay digeser ke tengah sebagai striker.

Lalu, siapa pemain yang akan menggantikan Dzhalilov? Ada dua opsi. Kebetulan keduanya adalah anak baru di Persebaya. Mereka adalah yaitu Alwi Slamat dan Elisa Yahya Basna.

Alwi dan Elisa belum mendapatkan banyak kesempatan selama Piala Presiden 2019. Artinya, menjajal keduanya pada laga kontra Madura United bisa menjadi pilihan terbaik untuk Persebaya.(sam/saf/jpc/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia