Senin, 26 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Pendaftaran Sudah Dibuka, Mudik Gratis Sediakan 234 Ribu Kuota

23 April 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Dinas Perhubungan (Dishub) kembali menggelar mudik dan balik gratis pada Lebaran 2019

Dinas Perhubungan (Dishub) kembali menggelar mudik dan balik gratis pada Lebaran 2019 (grafis)

Share this      

KEMBANG JEPUN - Dinas Perhubungan (Dishub) kembali menggelar mudik dan balik gratis pada Lebaran 2019 ini. Sebanyak 234.000 kuota mudik dan balik gratis disediakan untuk memfasilitasi para pemudik.

“Untuk bus dan kapal laut pendaftarannya secara online. Pendaftaran untuk online mudik dan balik gratis kita buka mulai hari ini (kemarin, Red), 22 hingga 30 April. Sedangkan untuk pendaftaran balik secara manual mulai tanggal 2 – 3 Mei,” ujar Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin ketika dihubungi Radar Surabaya melalui ponselnya, Senin (22/4). 

Fattah mengatakan, untuk pendaftarannya bisa diakses melalui website http://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Atau juga bisa dengan mengunduh aplikasi Mudik Jatim di Playstore. Pihaknya menjelaskan, untuk jam operasional mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00. 

“Tahun ini kita menyediakan sebanyak 560 armada bus. Tujuan mudik dan balik gratis dari wilayah Barat, yakni Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun-Magetan dan Ngawi. Sementara untuk wilayah Timur, mulai dari Surabaya-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi. Sedangkan wilayah Madura mencakup semuanya,” jelasnya.

Untuk jadwal pemberangkatan bus mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2019. Sedangkan untuk balik mulai 10 – 11 Juni 2019. “Untuk kapal laut pendaftarannya mulai tanggal 22 April sampai dengan 4 Juni. Pelaksanaannya mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 13 Juni,” ujarnya. 

Fattah menambahkan, pendaftaran menggunakan kapal laut dibukanya sama dengan menggunakan transportasi bus. Namun pihaknya memberikan waktu sedikit panjang bagi pendaftar mudik dan balik gratis menggunakan kapal laut. Untuk rutenya yakni jalur Perintis, dari Surabaya-Bawean. Kemudian dari Surabaya-Kalianget, Kalianget-Kangean, Kangean-Masalembo. Selanjutnya dari Kalianget ke Sapeken dan Raas. “Kesiapan dari Dishub Jatim dalam mudik dan balik gratis Lebaran 2019 ini sudah siap sepenuhnya. Penumpang akan dimanjakan dengan bus patas, dan tidak akan kepanasan karena sudah ber AC,” ungkapnya.

Lebih lanjut Fattah mengatakan, untuk pendaftaran online menggunakan kereta api, pihaknya bekerja sama dan mengikuti aturan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Untuk kereta api kuotanya mencapi 130.000 penumpang. Selain itu gerbongnya pun disediakan oleh PT KAI. Begitu juga dengan pendaftaran online mengikuti aturan PT KAI, yakni peserta mudik dan balik gratis harus datang langsung di tempat pendaftaran. “Untuk kereta api, peserta harus datang langsung ke tempat pendaftaran, karena keretanya kelas ekonomi,” tuturnya

Jalur mudik dan balik gratis menggunakan kereta api, yakni Surabaya ke Kertosono kemudian Kediri ke Blitar. Dilanjutkan dengan Surabaya-Bangil-Malang. Untuk wilayah Timur, yakni Surabaya-Probolinggo-Jember-Banyuwangi. Sedangkan mudik dan balik menggunakan kapal laut, kuota yang tersedia tidak kurang dari 100.000 penumpang. (mus/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia