Senin, 27 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik
Prediksi Hasil Pileg di DPRD Gresik

Caleg Jadi Masih Didominasi Wajah Lama

22 April 2019, 23: 40: 08 WIB | editor : Wijayanto

INPUT C1: Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim saat memantau input C1 di kantor DPD Golkar.

INPUT C1: Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim saat memantau input C1 di kantor DPD Golkar. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

GRESIK - Perhitungan hasil pemilihan legislative (pileg) DPRD Gresik 2019 masih belum usai. Saat ini, sejumlah partai politik (parpol) masih mengumpulkan formulir C1 hasil perhitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk diilakukan rekapitulasi internal. Meski begitu, sejumlah pihak memprediksi caleg jadi masih didominasi wajah-wajah lama. 

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, hampir seluruh daerah pemilihan (dapil) masih meloloskan anggota DPRD Gresik incumbent. Untuk Dapil I (Gresik-Kebomas), nama-nama caleg incumbent yang memiliki peluang paling besar yakni Ahmad Nurhamim (Ketua DPRD Gresik) dari Partai Golkar dan Lilik Hidayati (Ketua F-PPP) dari Partai PPP.

Di dapil II (Duduksampeyan-Cerme), caleg incumbent yang memiliki peluang besar yakni Nur Saidah (Wakil Ketua DPRD Gresik dari Partai Gerindra dan Hamzah Takim (Wakil Ketua Komisi IV) dari Partai Golkar). 

Kemudian, untuk dapil III (Menganti-Kedamean) ada Suparno Diantoro (Anggota Komisi I) dari Partai Golkar, Mujid Ridwan (Ketua F-PDIP) dari Partai PDIP, Wongso Negoro (Ketua F-Golkar) dari Partai Golkar dan Ruspandi Sunaryo (Anggota Komisi I) dari PKB.

Selanjutnya, untuk dapil IV (Driyorejo-Wringinanom) ada Sujono (Sekertaris Komisi IV) dari PKB, Sugio (anggota Komisi III) dari Golkar. Di dapil V (Benjeng-Balongpanggang) caleg incumbent yang berpeluang besar yakni, Syafi’ AM (Wakil Ketua DPRD Gresik) dair PKB, Khomsatun ( Anggota Komisi IV) dari Golkar, Abdullah Munir (Ketua F-Gerindra) dari Gerindra dan Nur Hudi Didin Ariyantyo (Anggota Komisi I) dari Nasdem).

Untuk Dapil VI (Sangkapura-Tambak) ada Miftahol Jannah dari partai Golkar dan Subki (anggota Komisi II) dari Demokrat. Dapil VII caleg incumbent yang berpotensi yakni, Asroin Widyana (Ketua Komisi III) dari Golkar, Jumanto (Wakil Ketua Komisi II) dari PDIP, Wafiroh Maksum (Ketua F-PKB) dari PKB, Faqih Usman (Ketua F-PAN) dari PAN.

Terakhir, untuk Dapil VIII caleg incumbent yang paling berpotensi yakni, Noto Utomo (anggota Komisi IV) dari PDIP, Khoirul Huda (Ketua Komisi IV) dari PPP, Suberi (anggota Komisi III) dari Demokrat.

Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim mengatakan untuk Golkar memang potensinya incumbent banyak yang jadi. Meski begitu, pihaknya masih menunggu hasil input secara keseluruhan untuk seluruh dapil. “Memang rata-rata incumbent. Tapi lihat dulu nanti hasil akhirnya seperti apa,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekertaris DPC PDIP Gresik Mujid Ridwan. Menurut dia, dari hasil penghitungan sementara memang kebanyakan masih incumbent. “Iya, memang banyak incumbent. Tapi kemungkinan juga ada dari pendatang baru,” terangnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia