Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Saham Syariah Diprediksi Bakal Meningkat

22 April 2019, 17: 01: 16 WIB | editor : Wijayanto

POTENSIAL: Saham syariah diperkirakan mengalami pertumbuhan positif.

POTENSIAL: Saham syariah diperkirakan mengalami pertumbuhan positif. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sejumlah pengamat pasar modal memprediksi bergeliatnya aktivitas pasar modal diramaikan oleh hadirnya saham berlabel syariah. Saham tersebut kini mulai banyak dikenal investor pasar modal.

Kepala Pusat Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik, Wenti Krisna mengatakan, saat ini perkembangan pasar modal syariah semakin signifikan.

Di gallery BEI UMG sedikitnya ada sekitar 35 investor syariah. Jumlah ini meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya tercatat 15 investor. 

“Perkembangan pasar modal syariah sudah cukup pesat, tetapi tidak cukup signifikan bila dibandingkan potensi yang ada,” katanya.

Dia mencatat, volume transaksi pasar modal syariah di Gallery BEI UMG dalam satu hari mencapai Rp 10 juta hingga Rp 30 juta. Menurutnya, jika dibandingkan saham biasa volume transaksi saham syariah cukup kecil. Ini tidak lepas dari minimnya sekuritas yang menyediakan syariah online trading system (SOTS) bagi investor syariah.

“Tren indeks saham syariah saat ini semakin baik. Bahkan saat dibuka menduduki peringkat dua saham dunia. Sehingga kami optimis investor di saham syariah akan terus bertambah,” pungkasnya.

Sementara itu, analis pasar modal Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Firdaus Indrajaya Tuharea mengatakan, saat ini literasi investor tentang pasar modal syariah masih belum masif dibandingkan saham reguler.

“Investor syariah butuh kepastian pemenuhan prinsip syariah dalam ekosistem pasar modal. Maka tidak salah jika jumlah investor masih minim akibat meragukan para penerbit instrumen syariah,” kata Indra. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia