Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Jelang Ujian Sekolah, Siswa SD Gelar Istighosah

20 April 2019, 23: 55: 36 WIB | editor : Wijayanto

KHUSUK : Para siswa sedang mengikuti isatigosah jelang Ujian Sekolah (US) yang digelar  Senin, 22 April 2019.

KHUSUK : Para siswa sedang mengikuti isatigosah jelang Ujian Sekolah (US) yang digelar Senin, 22 April 2019. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Ratusan siswa SD di beberapa sekolah menggelar istighotsah dan doa bersama menghadapi Ujian Sekolah (US) yang digelar Senin, (22/4). Dalam acara istighosah, siswa dan wali murid serta guru melakukan shalat dhuha, sholat hajat, membaca Alquran surat yasin, dan doa bersama di masjid sekolah.

Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun karena US dilaksanakan bulan April cukup membayangi psikologis mereka, termasuk persiapannya.

Kepala MI Nurul Islam Moch Endik mengungkapkan, istighosah dilaksanakan di masjid sekolah dan diikuti 111 siswa serta elemen sekolah lainnya.

“Istighosah dan doa bersama bertujuan untuk memantapkan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional dengan lancar,” kata dia.

Menjelang US, motivasi siswa untuk belajar diharapkan akan meningkat. Tidak hanya meningkat kemampuan IT-nya, tetapi juga karakter kejujuran dan kedisiplinan.

Selain itu kegiatan istighotsah tersebut menurutnya untuk memohon kepada tuhan yang maha esa supaya lancar. “Kami menggelar aksi istigosah untuk meminta kelancaran agar pada saat ujian nanti siswa-siswi kami dapat menjalani dengan sehat, saleh, sabar, dan tentunya lancar semua,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Gresik, Mahin mengatakan  Senin (22/4) seluruh siswa SD akan ikut US di Gresik. Dalam kegiatan itu, para siswa akan fokus  dengan US. Mereka juga sudah ikut berbagai try out US baik tingkat kecamatan maupun kabupaten. “Ada empat pelajaran ujian, matematika, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA. Semoga hasilnya memuaskan semua,” ungkapnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia