Jumat, 24 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

ASBAG Ajak Kelola Sampah Dapat Emas

20 April 2019, 23: 48: 12 WIB | editor : Wijayanto

KONSISTEN: Siti Fitriah bersama anggota Asbag yang terus melakukan sosialisa tentang manfaat sampah menjadi barang berharga.

KONSISTEN: Siti Fitriah bersama anggota Asbag yang terus melakukan sosialisa tentang manfaat sampah menjadi barang berharga. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

GRESIK - Asosiasi Bank Sampah Gresik (ASBAG) melakukan kegiatan dalam sosialisasi Teman Nabung Emas Pakai Sampah Receh di Jalan Tanjung Wira GKB Gresik. Kegiatan berkonsep menabung emas dengan menanam ini dilakukan dengan Sehari Menanam Satu (SMS) Biopori.

Ketua ASBAG, Siti Fitriah mengatakan 20 perempuan mengikuti  sosialisasi tentang sinergi pegadaian, pengelolaan sampah melalui biopori dan SMS.

“Kami mengajak para warga harus bisa menjaga lingkungan sekitar dan juga bisa memanfaatkan sampah menjadi barang berharga, “ kata dia.

Dalam edukasi pengelolaan sampah, peserta diberikan praktik cara mengelolah sampah menjadi barang berharga. Dengan memanfaarkan sampah kertas atau plastik dijadikan pot bunga serta bunga dari sampah tersebut.

Dia juga berharap sosialisasi itubisa  menjaga lingkungannya masing–masing. “Indonesia salah satunya Gresik yang darurat sampah.  Dengan gerakan solusi sampah, maka akan jadi trend di Gresik dan kebiasaan memilah sampah,” ungkapnya.

Anggota ASBAG, Indah Wahyuni mengatakan kegiatan itu sebagai upaya menerapkan kebiajakan strategi tentang pengelolaan sampah. Yakni, 30 persen pengurangan dari sumber dan mengajak masyarakat bertanggung jawab dengan hasil olahannya. Pihaknya juga menghimbau supaya sampah menjadi tanggung jawab masyarakat sendiri.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi tentang sampah dengan memberikan pengarahan kepada warga kalau sampah dikelola bisa menambah nilai jual, “jelasn dia. (jar/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia