Jumat, 24 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

4 Kecamatan di Gresik Lakukan Penghitungan Awal

20 April 2019, 22: 51: 25 WIB | editor : Wijayanto

LEBIH AWAL : PPK Kecamatan Ujungpangkah memilih melakukan penghitungan surat suara lebih awal dari yang lain.

LEBIH AWAL : PPK Kecamatan Ujungpangkah memilih melakukan penghitungan surat suara lebih awal dari yang lain. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

GRESIK - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 benar-benar merepotkan para petugas di lapangan. Terbukti, hingga hari kedua usai pencoblosan belum semua Penyelenggara Pemilu Kecamatan (PPK) melakukan penghitungan suara. 

Hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Gresik, memilih melakukan penghitungan suara pada Sabtu (20/4). Sementara pada Jumat (19/4) kemarin, ada 4 kecamatan yang melakukan penghitungan awal. Masing-masing Kecamatan Ujung Pangkah, Menganti, Duduksampeyan dan Cerme.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Gresik Elvita Yuliati mengatakan, untuk penghitungan suara di tingkat kecamatan memang diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing PPK. “Dan kebanyakan memang dilakukan pada Sabtu mendatang,” ujarnya.

Dijelaskan, dari data yang masuk ke KPU hanya empat kecamatan yang sudah memulai penghitungan suara pada Jumat.. “Jadi masih ada sekitar 14 kecamatan yang belum memulai penghitungan,” ungkap dia.

Menurutnya, banyaknya surat suara yang harus dihitung membuat penghitungan tingkat TPS menjadi lama. Meski begitu, pihaknya sangat optimis semua bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai jadwal. “Iya, mereka membutuhkan waktu untuk menyelesaikan di TPS, baru nanti dilanjutkan ke PPK,” terangnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia