Senin, 26 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Raih Kursi Terbanyak, PKB dan Gerindra Berebut Kursi Ketua DPRD Gresik

19 April 2019, 09: 43: 06 WIB | editor : Wijayanto

OPTIMIS: Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik Moch Qosim saat menyalurkan hak pilih di TPS Yosowilangun optimis partainya bakal meraih kuirsi terbanyak.

OPTIMIS: Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik Moch Qosim saat menyalurkan hak pilih di TPS Yosowilangun optimis partainya bakal meraih kuirsi terbanyak. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra Kabupaten Gresik diprediksi bakal menjadi jawara Pemilu Legislatif DPRD Gresik. Keduanya bakal bersaing ketat berebut kursi Ketua DPRD Gresik karena mendapat kursi terbanyak dalam Pemilu  2019 yang selesai digelar 17 April, lalu. 

Saat ini, masing-masing partai politik (parpol) masih melakukan proses perhitungan formulir C1 yang didapatkan masing-masing saksi dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Ketua DPC PKB Gresik Moh Qosim mengatakan untuk perhitungan sementara pihaknya optimis bisa mendapatkan 14 kursi. Dari delapan dapil ada 5 dapil yang memiliki potensi mendapatkan dua kursi.

Yakni, Dapil 7 (Dukun-Panceng-Ujungpangkah), Dapil 5 (Benjeng-Balongpanggang), Dapil 4 (Driyorejo-Wringinanom), Dapil 3 (Menganti-Kedamean). Khusus Dapil 2 (Cerme-Duduksampeyan) kami masih berharap bisa dapat 3. Karena untuk 2 kursi sudah pasti.

"Saat ini kami masih mengumpulkan datang. Tapi kami optimis bisa meraih kursi lebih dari target yang kami tetapkan yakni 13 krusi DPRD Gresik. Hitungan kasar, kami bisa meraih 14 kursi DPRD Gresik," kata Moch Qosim.

Sementara itu, Bendahara Umum DPC Gerindra Gresik Nur Saidah mengungkapkan, untuk Gerindra optimis mendapatkan 11 kursi sesuai target yang dicanangkan. Dari 11 kursi ini ada 3 dapil yang memiliki potensi 2 kursi. “Yakni, Dapil 8, Dapil 4 dan Dapil 1,” tegasnya.

Meski begitu, pihaknya tetap menunggu hasil perhitungan C1 yang saat ini masih dilakukan partainya. “Kemungkinan besok hasilnya sudah bisa diketahui. Saat ini kami masih input C1 dari masing-masing saksi,” ungkapnya.

Selain kedua parpol ini, Golkar juga masih memiliki kans kuat untuk kembali menduduki kursi Ketua DPRD Gresik. Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim mengatakan dari perhitungan sementara yang dilakukan pihaknya optimis bisa mendapatkan 10 kursi atau berkurang 1 kursi dari periode sebelumnya. 

“Kami masih masih 10 kursi. Ada dua dapil yang berpotensi dapat 2 kursi, yakni Dapil 3 (Menganti-Kedamean) dan Dapil 5 (Benjeng-Kedamean). Untuk yang lainnya kami optimis bisa 1 kursi termasuk dengan Dapil Manyar yang saat ini rekap masuk sudah mencapai 13 ribu,” tegasnya.

Selanjutnya, lima parpol lama yang ada di DPRD Gresik hanya PAN yang menargetkan 5 kursi. Sedangkan untuk PDIP, Demokrat, PPP dan Nasdem masih optimis bisa meraih 6 hingga 7 kursi pada pileg 2019. 

Sekertaris DPRD PAN Gresik Faqih Usman mengatakan pihaknya tidak mau menargetkan terlalu tinggi.

Untuk mempertahankan 5 kursi seperti periode sebelumnya saja sudah sangat berat. “Dari 8 dapil, kami optimis bisa dapat satu kursi di dapil 1, dapil 4, dapil 5, dapil 7 dan dapil 8,” ujarnya.

Sedangkan Sekertaris DPC PDIP Gresik Mujid Ridwan mengatakan pihaknya optimis bisa menambah satu kursi dari periode 2014 lalu. Sebab, saat ini ada tambahan dapil baru dari sebelumnya 7 menjadi 8.

“Kami optimis dapat 7, hanya Bawean yang kemungkinan kami dapat kursi sulit. Lainnya kami yakin bisa dapat 1 kursi perdapil,” terangnya.

Terpisah, Sekertaris DPC PPP Gresik Khoirul Huda mengatakan, untuk PPP kemungkinan besar masih bisa bertahan dengan 7 kursi.

Hanya saja, pihaknya saat ini masih menunggu untuk Dapil 5 (Benjeng-Balongpanggang) dan Dapil 7 (Dukun-Ujungpangkah-Panceng). “Untuk dapil 2 (Cerme-Duduksampeyan) yang kami belum bisa pastikan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC Demokrat Gresik Edi Santoso. Pihaknya optimis bisa dapat 8 kursi. Tapi, saat ini pihaknya masih menunggu masuknya C1 dari saksi. “Belum-belum. Kalau target tetap satu dapil satu. Tapi kita lihat dulu C1 ya,” terangnya.

Sedangkan Nasdem yang saat ini popularitasnya terus menanjak, optimis bisa meraih kursi pimpinan dewan. Dari perhitungan sementara, mereka optimis dapat 6 kursi.

“Hanya Dapil 2 dan Dapil 4 yang kemungkinan kosong. Tapi kami masih terus update hasil rekap C1,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia