Jumat, 24 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Baru Diperbaiki, Dermaga Bawean Rusak Lagi

19 April 2019, 09: 06: 26 WIB | editor : Wijayanto

RUSAK: Proses perbaikan dermaga Bawean mengelamai kemoloran dari jadwal yang ditetapkan.

RUSAK: Proses perbaikan dermaga Bawean mengelamai kemoloran dari jadwal yang ditetapkan. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

BAWEAN – Proses perbaikan dermaga Pulau Bawean yang dijadwalkan selesai 15 April lalu ternyata molor. Penyebabnya, karena breasting dholpin yang baru saja diperbaiki kembali mengalami kerusakan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik sudah menyurati ASDP Gili Lyang untuk kembali melakukan perbaikan.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Gresik Roni Soebiyantoro mengatakan sebenarnya proses perbaikan dermaga Bawean sudah selesai. Tetapi saat hendak diuji coba ternyata breasting dolphin rusak kembali jatuh ke laut.  “Proses perbaikannya sebenarnya sudah selesai. Pekerja dari ASDP juga sudah pergi. Tapi ternyata rusak lagi,” ujarnya, kemarin.

Menurut dia, karena breasting dholpin kembali masuk laut membuat kapal tidak bisa bersandar di dermaga. Sehingga pihaknya kembali menyurati pihak ASDP untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Proses memindahkan breasting dholpin tersebut tidak mudah. Karena ukurannya sangat besar. Perlu alat,” terang dia.

Ditambahkan, jika persoalan ini selesai dibenahi, pihaknya optimis dermaga bisa kembali digunakan. “Sehingga, kendaraan roda empat bisa kembali masuk ke Bawean,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Gili Iyang Sulaimi mengatakan proses perbaikan dermaga Bawean diusahakan selesai dalam waktu tiga hari ke depan. “Kami usahakan secepatnya bisa diselesaikan,” terangnya.

Sebelumnya, transportasi Pulau Bawean kembali bermasalah. Kali ini giliran kapal barang yang dipastikan tidak bisa berlayar. Penyebabnya pelabuhan di Bawean mengalami kerusakan setelah ditabrak Kapal Gili Iyang.

Kerusakan dermaga terjadi disalah satu breasting dolphin yang digunakan untuk bersandarnya kapal. Tiang penyangga breasting dolphin hampir roboh setelah ditabrak Kapal Gili Iyang beberapa waktu yang lalu. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia