Senin, 20 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya
Peringatan Hari Bumi

Ajak Peduli Lingkungan dengan Kostum Daur Ulang

19 April 2019, 09: 40: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

RECYCLE: Siswa SMPN 40 Surabaya mengenakan kostum daur ulang dari barang bekas.

RECYCLE: Siswa SMPN 40 Surabaya mengenakan kostum daur ulang dari barang bekas. (Rahmat Sudrajat/Radar Surabaya)

BANGKINGA-Puluhan siswa SMPN 40 Surabaya tampak antusias karnaval berkeliling kampung dengan kostum unik. Mereka juga membawa poster, berjalan keliling kampung sambil meneriakan secara serentak yel-yel mari sayangi bumi. Tidak hanya itu, para siswa juga mengenakan kostum unik hasil kreasi siswa dengan bahan daur ulang barang bekas. Para guru pun tak mau kalah.

"Barang bekas mereka kumpulkan, dipilah lalu mereka buat secara berkelompok, sampai seperti itu jadinya," kata Andayani pembina kegiatan siswa tersebut, Kamis (18/4).

Ternyata, para siswa dengan puluhan guru itu sedang merayakan Hari Bumi dan Hari Kartini. "Kostum unik ini adalah untuk mengapresiasi hasil kerja para siswa," katanya. 

Siswa jadi merasa dihargai dan diperhatikan atas karya yang mereka buat. Selain itu mereka juga mengedukasi masyarakat. "Ke depannya, kita juga akan ajak warga kerja sama dalam hal pengolahan barang bekas," jelas Andayani. 

Berkontribusi dalam merawat bumi tidak perlu muluk-muluk. Namun bisa mengawalinya dengan hal-hal yang kecil dan sederhana, tapi berdampak baik bagi keberlangsungan hidup manusia ke depannya.

Mengolah bahan bekas menjadi kostum bukan hal yang sepele. Itu adalah usaha menanamkan kesadaran yang berkelanjutan. Mulai dari menanam kebiasaan membuang sampah di tempatnya. Membuang sampah berdasarkan jenisnya. Kemudian melatih mereka menilah sampah yang bisa dimanfaatkan. 

Sekolah juga mengundang orang luar untuk memberikan pelatihan kerajinan tangan mengolah barang bekas jadi barang berdaya guna. "Mudahan masyarakat sekitar juga bisa ikut partisipasi untuk ke depannya," harapnya. (rmt/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia