Rabu, 22 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sinkronisasi Jaringan Jelang UNBK Siap Dilakukan

19 April 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

ilustrasi Sinkronisasi Jaringan Jelang UNBK

ilustrasi Sinkronisasi Jaringan Jelang UNBK (net)

KEMBANG JEPUN-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018/2019 pada jenjang SMP/MTs akan digelar pada 22 April 2019. Tahun ini peserta UNBK siswa SMP/MTs di Surabaya baik negeri maupun swasta mencapai 40.947 siswa. 

Proktor sekolah mulai bersiap untuk melakukan sinkronisasi data dan soal. Sinkronisasi ini akan dilakukan serentak dengan Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah kepala sekolah, waka kurikulum, tim teknis UNBK. Hal itu dilakukan agar kekurangan serta kendala yang dihadapi bisa ditangani dengan cepat dan tanggap.

"Komputer juga sempat digunakan saat USBN berbasis komputer, jadi sudah tahu kondisinya seperti apa untuk ujian," urainya.

Tahun ini UNBK di tingkat SMP, dikatakan Ikhsan, menggunakan 918 server, 21.909 unit komputer klien, 649 tenaga proktor, dan 547 tenaga teknisi. "Di Dindik itu ada ruangan khusus untuk helpdesk yang berisikan tenaga IT dari dinas. Dari dinas itu nanti memantau masing wilayah, mulai Surabaya Barat, Timur, Utara, Selatan, dan Pusat. Kemudian di wilayah sendiri ada tim yang bertugas memantau sekolah-sekolah," ungkapnya, kamis (18/4).

Ikhsan menjelaskan, dengan adanya helpdesk, jika ada kendala di sekolah dan tidak teratasi dalam waktu cepat, sekolah terdekat bisa membantu menangani. Percepatan penanganan masalah ini, diharapkan membuat siswa, pengawas, teknisi, maupun proktor tidak panik saat menemui kendala ketika ujian berlangsung. 

"Selama dua hari jadwalnya sekolah sinkronisasi, jadi kalau memang ada masalah bisa langsung dikomunikasikan dengan helpdesk," tegasnya.

Sementara itu Proktor SMPN 28 Surabaya Yahya Fachrudin mengungkapkan, persiapan sinkronisasi dilakukan dengan pengecekan server. Sebelumnya juga telah dicoba saat tiga kali simulasi UNBK. “Di sekolah ada lima server utama dan satu cadangan. Totalnya ada 40 komputer, jadi kami nanti melaksanakan dua sesi,” kata Yahya.

Yahya mengungkapkan, sekolahnya mendapat jadwal sinkronisasi pada Sabtu (20/4) pukul 12.00. Ia pun berharap, server di pusat bisa siap saat dilakukan sinkronisasi. "Normalnya sejam atau dua jam sudah selesai, tapi kalau saat jadwal sinkronisasi server pusatnya belum siap, jadinya bisa lembur," tuturnya.

Perlu diketahui berikut adalah jadwal UNBK jenjang SMP/MTs Senin (22/4) mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Selasa (23/4) mapel Matematika, sedangkan Rabu (24/4) mapel Bahasa Inggris dan Kamis (25/4) mapel IPA. Ujian terbagi atas 3 sesi, sesi pertama pukul 07.30 – 09.30, sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 dan sesi ketiga pukul 14.00 – 16.00. (gin/nur)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia