Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Datang Lebih Awal, Risma Mencoblos di TPS 001

18 April 2019, 16: 33: 54 WIB | editor : Wijayanto

Datang Lebih Awal, Risma Mencoblos di TPS 001

SURABAYA - Semarak pesta demokrasi Pemilu 2019 berlangsung di berbagai kawasan Surabaya. Salah satunya di tempat pemilihan suara (TPS) 001 dekat rumah kediaman Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Bersama suami dan anak perempuannya, wali kota yang akrab disapa Risma ini datang sebelum TPS dibuka.

Risma berangkat dari rumahnya di Perumahan Taman Pondok Indah, Kelurahan Jajartunggal, Kecamatan Wiyung, menuju ke TPS yang terletak sekitar 200 meter pada puluk 07.00. Usai mencoblos, Risma pun menunjukkan surat suara yang telah dlipat ulang, kemudian memasukkan satu per satu kelima surat ke dalam kota suara.

Risma mengimbau masyarakat Surabaya untuk tidak melewatkan pesta demokrasi ini. Sebab, suara masyarakat akan berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara untuk lima tahun mendatang.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga memberikan tips agar warga tidak membutuhkan waktu lama dalam membuka, memilih, dan menutup kembali menutup surat suara yang lebar itu.

“Agak ribet juga karena kertasnya besar dan pilihan banyak. Jadi, yang pertama harus tahu dulu siapa yang mau dipilih. Kan ada bekas lipatannya, jadi kita tinggal ngikutin bekas lipatannya saja. Kemudian, yang paling penting cover depannya kan ada gambarnya," ujarnya.

Risma juga berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa siapa pun pemimpin yang bakal terpilih bisa diterima dengan lapang dada. Dia juga berharap kepada pemimpin terpilih agar membuat kebijakan yang mampu meningkatkan kesejahteraan warga dan kemajuan bangsa. “Mari kita terima dengan lapang dada dan melanjutkan kehidupan lebih baik lagi," pungkasnya.

Penghitungan suara Pilpres 2019 di kediaman Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berlangsung lancar. Pasangan capres-cawapres nomor 01 Joko Widodo–Ma’ruf Ami mendapat 139 suara, sedangkan pasangan nomor 02 Prabowo Subianto–Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 81 suara.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 001 Kelurahan Jajar Tunggal, Wiyung, Dodot Widyatmoko mengatakan, total pemilih di TPS 001 berjumlah 220 orang. Yang datang memberikan suara 220 orang. "Tidak ada suara yang tidak  sah,” katanya. (gin/rek) 

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia