Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik
Dispendukcapil Buka Layanan pada 17 April

Belum Miliki E-KTP, Ribuan Milenial Terancam Tak Bisa Mencoblos

16 April 2019, 21: 54: 42 WIB | editor : Wijayanto

BELUM JADI: Ribuan pemilih milenial ternyata belum memiliki E-KTP sehingga terancam kehilangan hak suaranya

BELUM JADI: Ribuan pemilih milenial ternyata belum memiliki E-KTP sehingga terancam kehilangan hak suaranya (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Masih banyaknya jumlah warga yang belum memiliki elektronik KTP (e-KTP) membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) harus bekerja keras. Rencananya, mereka bakal membuka layanan pada hari coblosan, 17 April. Ini dilakukan agar masyarakat yang memiliki hak pilih bisa ikut mencoblos di TPS.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Gresik Khusaini mengatakan, untuk saat ini, jumlah warga yang belum melakukan perekaman ada 33 ribu orang. Tetapi, ini merupakan warga yang baru memasuki usia 17 tahun. 

"Kalau yang perekamannya sudah lama, semuanya sudah tercetak e-KTPnya. Sekarang tinggal pemilih pemula yang datanya terus bertambah setiap harinya,” ujar dia.

Dikatakan, dengan dibukanya pelayanan pada hari coblosan, pihaknya berharap seluruh masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya. “Kami persilahkan kalau Rabu mau mengurus di Dispendukcapil. Kami layani karena kami tetap buka seperti hari libur biasanya,” ungkap dia.

Untuk pemilih pemula, pihaknya memastikan bakal langsung mencetak e-KTP hari itu juga kalau mereka mau datang ke Dispendukcapil. "Jadi, selesai rekam, tunggu sebentar e-KTP nya akan diberikan. Dengan begitu mereka bisa langsung ke TPS untuk melakukan pencoblosan,” terang dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia