Senin, 18 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Bawaslu Pakai Crane Copoti APK Bilboard Caleg

16 April 2019, 14: 22: 59 WIB | editor : Wijayanto

PENERTIBAN APK: Komisioner Bawaslu Gresik Maslukin saat melakukan penertiban APK billboard di Jalan Jaksa Agung dengan menggunakan crane.

PENERTIBAN APK: Komisioner Bawaslu Gresik Maslukin saat melakukan penertiban APK billboard di Jalan Jaksa Agung dengan menggunakan crane. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Memasuki masa tenang pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik terus melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). Penertiban Bawaslu bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) fokus untuk menurunkan  APK yang dipasang di billboard. Sebab, Pantia Pengawas Kecamatan (Panwascam) kesulitan jika harus menurunkan sendiri.

Dari pemantauan yang dilakukan Bawaslu, APK billboard yang tidak diturunkan pemiliknya ada di enam titik. Yakni, wilayah Gresik, Kota, Bunder, Manyar, Kebomas hingga Sidayu. Agar penertiban lebih mudah dilakukan, Bawaslu Kabupaten Gresik meminjam truk crane milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gresik.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Gresik Syafik Jamhari mengatakan Senin kemarin merupakan hari terakhir penertiban APK milik para peserta pemilu. Penertiban sudah dilakukan sejak Minggu dini hari. “Kami berharap seluruh APK sudah bersih semua,” ujarnya, kemarin.

Dikatakan, Bawaslu Kabupaten hanya menertibkan APK jumbo yang berada di billboard. Sedangkan untuk APK kecil-kecil yang menurunkan adalah pengawas kecamatan hingga TPS. “Karena untuk APK billboard memang memerlukan alat berat agar lebih mudah melakukan penertiban,” ungkap dia.

Bawaslu kembali mengingatkan kepada seluruh peserta pemilu agar tidak lagi memasang APK jenis apapun selama masa tenang. Jika nanti diketahui ada APK baru terpasang selama masa tenang pihaknya akan memberikan sanksi tegas. “Seluruh APK sudah tidak boleh lagi terpasang. Termasuk di depan posko-posko pemenangan. Yang diperbolehkan hanya di kantor partai saja,” tegasnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia