Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Baru Sebulan Diresmikan, Plafon Alun-Alun Sudah Jebol

16 April 2019, 13: 03: 12 WIB | editor : Wijayanto

LUBANG BESAR: Plafon gedung yang berada di tengah Alun-Alun Gresik terlihat berlubang akibat lantai 2 bocor.

LUBANG BESAR: Plafon gedung yang berada di tengah Alun-Alun Gresik terlihat berlubang akibat lantai 2 bocor. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Baru sebulan setelah diresmikan Maret lalu, plafon atap Alun-Alun Gresik sudah jebol. Plafon yang jebol tersebut berada di lantai satu gedung yang berada di tengah Alun-Alun. Diduga rusaknya plafon tersebut lantaran pemasangan ubin di lantai dua gedung tersebut asal-asalan.

Letak kerusakan plafon tersebut terlihat di lantai bawah gazebo Alun-Alun sisi barat. Terdapat lobang besar di atas plafon. Titik kerusakan lain juga terlihat di plafon sisi utara samping tangga, meski tidak begitu parah air masih terlihat menetes dari atas. Jika dibiarkan, kemungkinan besar juga akan mengalami hal seruapa, yaitu plafon jebol. 

Salah satu pekerja yang ada di lokasi menyebut jika kerusakan plafon sudah terjadi sejak dua hari lalu. Penyebabnya, air merembes dari lantai atas, sehingga plafon yang terbuat dari bahan tidak tahan air itu, akhirnya mengalami kerusakan. “Jebolnya pas hujan deras,” ungkapnya.

Selain plafon, sejumlah kerusakan lain juga mulai terlihat. Salah satunya ornament yang ada di pagar Alun-Alun banyak yang mulai lepas. Menanggapi hal ini, Kepala DPUTR Kabupaten Gresik Gunawan mengatakan seluruh kerusakan yang terjadi di Alun-Alun saat ini masih menjadi tanggung jawab kontraktor. “Kami akan minta mereka untuk segera melakukan perbaikan. Sebab ini masih menjadi tanggungjawab mereka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jebolnya plafon kemungkinan besar karena pemasangan ubin di lantai dua yang kurang rapi. Sehingga, air hujan merembes hingga membuat plafon jebol. “Memang lantai dua kan posisinya terbuka. Jadi air hujan yang terbawa angin bisa masuk ke dalam gedung. Mungkin rembesannya itu yang bikin atas di lantai satu rusak,” ungkap dia. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia