Senin, 21 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Gresik

Masa Tenang Pemilu, APK Belum Steril, Janji Segera Dibersihkan

15 April 2019, 17: 15: 30 WIB | editor : Wijayanto

BELUM DIBONGKAR: Puluhan APK milik para caleg masih menghiasi sejumlah titik jalur protokol seperti di Jalan Panglima Sudirman ini.

BELUM DIBONGKAR: Puluhan APK milik para caleg masih menghiasi sejumlah titik jalur protokol seperti di Jalan Panglima Sudirman ini. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik telah memerintahkan Panitia Pengawas tingkat Kecamatan, Desa hingga TPS untuk melakukan pembersihan alat peraga kampanye (APK) milik para peserta pemilu. Namun, hingga sore kemarin jumlah baliho dan poster milik caleg dan calon presiden belum sepenuhnya bersih. Di sejumlah perempatan dan pinggir jalan protokol masih banyak dijumpai APK bertebaran.

Misalnya saja, di perempatan Gedung Nasional Indonesia (GNI) di Jalan Pahlawan dan Jalan Panglima Sudirman. APK para caleg masih tetap utuh seperti sebelumnya. Hal sama juga terlihat di pertigaan arah Petrokimia Gresik. Di lokasi tersebut APK milik caleg juga masih terlihat bertebaran.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Gresik Syafik Jamhari mengatakan untuk masa tenang memang seluruh APK harus dibersihkan. Dan itu merupakan kewajiban dari para peserta pemilu. “Untuk hari pertama masa tenang, memang masih domain dari peserta pemilu dan panitia pengawas tingkat kecamatan,” ujarnya.

Namun, mulai Senin hari ini, Bawaslu Kabupaten Gresik bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bakal turun langsung. Untuk APK yang belum bersihkan, pihaknya bakal menertibkannya.  “Mulai Senin kami turun bersama Satpol PP. Untuk Minggu kami sudah memerintahkan Panwascam untuk melakukan bersih-bersih,” ungkap dia.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Gresik. Untuk baliho jumbo memang nanti yang menertibkan adalah Satpol PP dan Bawaslu. Karena untuk baliho jumbo penertibannya cukup sulit. “Nanti kami turunkan alat berat untuk membantu menertibkan baliho berukuran besar yang ada disejumlah titik,” terangnya.

Untuk Minggu kemarin, memang domainnya masih peserta pemilu dan panwas kecamatan yang melakukan penertiban. Tapi mulai Senin, pihaknya bersama Bawaslu Kabupaten turun sendiri. “Kami upayakan bisa segera bersih sebelum hari pencoblosan,” imbuh dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia