Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Pelindo Siap Jajaki Bisnis Migas

15 April 2019, 16: 36: 29 WIB | editor : Wijayanto

CARI PELUANG : Industri kepelabuhanan komersial berupaya mencari peluang baru agar tetap survive.

CARI PELUANG : Industri kepelabuhanan komersial berupaya mencari peluang baru agar tetap survive. (M FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Gresik berupaya ekspansi pada bisnis pelayanan terminal industri minyak dan gas (migas). Dalam menjalankan usaha ini Pelindo III telah bekerjasama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

General Manager Pelindo III Terminal Gresik, Yanto mengatakan, pelabuhan Gresik nantinya akan disiapkan sebagai dedicated area berbagai layanan integrasi laut khususnya untuk menerima kapal-kapal migas.

“Kami akan melayani kapal migas yang sandar. Selain itu kami juga menyiapkan lapangan penyimpanan gas. Untuk itu saat ini kami sedang fokus dalam membangun berbagai infrastruktur penunjang,” ujarnya.

Yanto menjelaskan, kerja sama pengembangan fasilitas pelabuhan untuk mendukung operasional di hulu industri migas potensinya sangat besar. Sebab, banyak lahan konsesi Pelindo III yang berada di waterfront atau berbatasan langsung dengan laut. “Pelabuhan merupakan pintu masuk yang dapat berkontribusi untuk menekan cost recovery dari industri migas di Indonesia,” imbuhnya.

Agar dapat berjalan optimal, kata dia, induk perusahaan Pelindo III (Persero) sudah menyiapkan lini usaha khusus, Pelindo Energi Logistik (PEL) yang fokus bertugas dalam mengembangkan terminal pelabuhan dengan sejumlah layanan.
“Lini usaha ini siap mendukung logistik pelaku industri migas. Tentu dengan lengkapnya layanan dalam satu kawasan salah satunya untuk industri migas,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Gresik, Agus Irwan menyambut gembira kerjasama antara Pelindo III dan PGN. Menurutnya, langkah Pelindo ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis logistik yang menjadi anggota asosiasinya dalam menyediakan angkutan jasa logistik industri migas.

“Ditengah bisnis yang semakin menantang peluang baru menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Agar bisa turut bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan efisien logistik,” tuturnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia