Jumat, 24 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Hanya Revitalisasi Pasar Porong dan Sukodono pada Tahun Ini

13 April 2019, 14: 20: 02 WIB | editor : Wijayanto

Pasar Sukodono

Pasar Sukodono (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Upaya pemkab untuk membenahi pasar tradisional berlanjut tahun ini. Targetnya seluruh pasar direvitalisasi. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi pembeli. Sayangnya, upaya tersebut tidak sebanding dengan anggaran yang tersedia. Tahun ini bahkan hanya ada dua pasar yang bisa direvitalisasi. Yakni Pasar Sukodono dan Pasar Baru Porong.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Nawari menjelaskan, revitalisasi pasar tradisional memang dilakukan bertahap. Setelah tahun lalu memperbaiki pasar Wonoayu dan Tulangan, tahun ini dilanjutkan ke pasar Baru Porong dan Sukodono.

Untuk revitalisasi di pasar Baru Porong, ada lima blok yang akan dibenahi. Kelima blok tersebut yang hangus dilalap api pada 2016 lalu. Yaitu blok D, E, F, G, dan H. Total pedagang yang menempati kelima blok tersebut mencapai 700 orang.

Sedangkan di Pasar Sukodono tahun ini ada pengerjaan perubahan infrastruktur. Bagian depan pasar akan dirapikan. Sehingga tidak ada pedagang yang menempati areal depan pasar. "Pembangunan dikerjakan Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR)," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perkim CKTR Yanuar Santosa mengatakan pembangunan pasar baru Porong saat ini dalam tahap perencanaan. Diperkirakan baru berjalan di triwulan ketiga.

Pembangunan pasar baru Porong menelan dana Rp 20 miliar. Targetnya tuntas akhir tahun. "Mudah-mudahan sesuai rencana," paparnya. (rpp/nis)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia