Senin, 21 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Tiket KA Mudik dan Balik Gratis Mulai Ramai Dipesan

13 April 2019, 14: 04: 55 WIB | editor : Wijayanto

LEBIH MUDAH: Calon penumpang melakukan reservasi tiket di loket yang tersedia di Stasiun Gubeng, Surabaya.

LEBIH MUDAH: Calon penumpang melakukan reservasi tiket di loket yang tersedia di Stasiun Gubeng, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 mencatatkan dua kereta api mudik dan balik gratis yang disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya mulai tampak ramai setelah sepekan lebih sejak bisa dipesan. Bahkan untuk arus balik pada Kereta Api Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya Gubeng dan Kereta Api Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang, sama-sama menunjukkan okupansi melebihi 100 persen. 

Dua kereta api yang melayani arus balik gratis mulai 7-10 Juni ini, rata-rata terpesan 105 persen per harinya. Dari kapasitas tempat duduk 4.240 kursi, telah dipesan 4.465.

Meski menunjukkan okupansi lebih 100 persen, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menyebut, bukan berarti sudah penuh. Ia mencotohkan, Kereta Api Tawang Alun, ada yang naik dari Banyuwangi turun di Pasuruan. Kemudian naik lagi di Pasuruan turun di Surabaya. “Itu kan terhitung dua (orang) di kami,” terangnya.

Suprapto mengatakan, arus balik di dua kereta itu masih tersedia. Sepanjang di stasiun yang dilewati Kareta Api Tawang Alun dan Probowangi masih ada. “Belum. Masih bisa dipesan, sepanjang tersedia di stasiun,” ungkapnya.

Jika arus balik mudik gratis pada kedua kereta terlihat ramai. Berbeda dengan arus mudik. Relasi perjalanan Kereta Api Tawang Alun mudik gratis okupansi masih 60 persen. Kereta rute Malang-Banyuwangi untuk keberangkatan tanggal 31 Mei sampai 4 Juni baru terpesan 1.577 kursi. “Memang yang Kereta Tawang Alun mudik gratis okupansinya belum tinggi,” tuturnya.

Sementara untuk Kereta Api Probowangi mudik gratis, menunjukkan okupansi sama seperti arus balik. Kereta rute Surabaya Gubeng-Banyuwangi ini rata-rata per hari okupansi mencapai 102 persen.

Sekadar diketahui, mudik dan balik gratis, PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 174 perjalanan KA dengan rincian 97 perjalanan KA untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA arus balik.

Selain dua kereta api yang sudah bisa dipesan tersebut, ada sejumlah kereta api lokal lainnya. PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan KA Dhoho (rute Surabaya-Blitar via Kertosono), KA Penataran (Surabaya-Blitar via Malang), KA Lokal Bojonegoro (Sidoarjo-Bojonegoro), KA Tumapel (rute Surabaya-Malang), dan KA Lokal Kertosono (rute Surabaya-Kertosono). “Untuk kereta api itu baru bisa dipesan H-7, atau mulai tanggal 21 Mei 2019,” tandasnya. (cin/nur)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia