Senin, 26 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Lupa Kunci Sel, Tiga Tahanan Polsek Tenggilis Kabur

13 April 2019, 07: 39: 06 WIB | editor : Wijayanto

SUDAH DIGEMBOK: Sel tahanan di Polsek Tenggilis Mejoyo.

SUDAH DIGEMBOK: Sel tahanan di Polsek Tenggilis Mejoyo. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tiga tahanan Polsek Tenggilis Mejoyo berhasil kabur dari rumah tahanan (rutan) Mapolsek Tenggilis Mejoyo, Jumat dinihari (12/4). 

Ketiganya adalah A dan R, warga Surabaya yang merupakan tahanan kasus narkoba. Sedangkan satu tahanan lain adalah I, warga Sampang, Madura, yang ditahan dalam kasus penipuan dengan penggelapan. 

Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Totok Sumarianto menjelaskan bahwa kaburnya ketiga tahanan tersebut murni karena kelalaian petugas yang teledor tak mencabut kunci sel tahanan. Sehingga tak ada kesulitan bagi ketiga tahanan itu untuk kabur. 

"Memang benar (ada tahanan kabur). Ini karena ada keteledoran anggota kita," kataTotok Sumarianto di Mapolsek Tenggilis Mejoyo, Jumat (12/4). 

Namun, Totok enggan menjelaskan lebih rinci terkait kronologi kaburnya ketiga tahanan itu. Dia hanya berjanji akan segera menangkap ketiga tahanan itu dalam waktu dekat.

"Langkah sekarang, kami bentuk tim dan sudah melakukan pengejaran bekerja sama dengan serse Polrestabes Surabaya. Semoga segera tertangkap," sambungnya.

Mantan Kapolsek Tegalsari itu juga mengancam kepada ketiga pelaku akan diberikan tindakan tegas jika tidak segera menyerahkan diri. "Kalau bisa mereka segera menyerahkan diri. Kalau tidak, akan diberikan tindakan tegas," tandasnya.

Namun berdasarkan sumber internal menyebutkan, ketiga tahanan itu kabur sekitar pukul 02.30. Saat itu diduga penjaga lupa mencabut kunci gembok pintu ruang tahanan dan meninggalkannya begitu saja.

Melihat kesempatan itu, ketiga penghuni kamar tahanan ini lantas membuka pintu dan kabur. Apalagi saat itu penjaga sedang melaksanakan salat malam. 

Dari pantauan Radar Surabaya di lokasi ruang tahanan, kondisi pintu dan tembok tahanan tidak ada yang rusak. Berdasarkan data di papan data, jumlah tahanan berjumlah 16 orang. Sebagian besar merupakan tahanan narkoba. 

Tampak tim dari reserse mobile (resmob) Polrestabes Surabaya dibantu petugas dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Jatim juga turun ke Mapolsek Tenggilis Mejoyo untuk melakukan penyelidikan.

Beberapa anggota melakukan pengecekan dan mengunduh hasil rekaman dari kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang ada di sekitar ruang tahanan tersebut. Tak hanya itu, petugas juga terlihat memintai keterangan beberapa anggota Polsek Tenggilis Mejoyo. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia