Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pembangunan Distribution Center PDAM Ditarget Rampung Juni

12 April 2019, 22: 22: 26 WIB | editor : Wijayanto

SUPPORT: Pembangunan distribution center PDAM untuk penampung air Umbulan.

SUPPORT: Pembangunan distribution center PDAM untuk penampung air Umbulan. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Distribution Center (DC) yang digunakan PDAM untuk mengumpulkan aliran air Umbulan saat ini sedang dibangun. Dari delapan DC, sudah ada enam yang dibangun. Sisanya dua DC masih dalam proses pembebasan lahan. Keenam DC yang saat ini sedang dibangun ditargetkan untuk selesai pada Juni.

Penjabat sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao mengatakan, pembangunan enam DC sesuai dengan perencanaan. Saat ini persentasenya sudah mencapai 60 persen.

Salah satunya adalah DC di Perumahan Kahuripan Nirwana (KNV). Kini pekerja sedang membangun tandon penampungan air. Setelah itu melengkapi jaringan dari DC ke saluran rumah tangga. "Selesai dalam dua bulan," katanya.

Setelah pembangunan DC selesai, PDAM akan melakukan uji coba. Caranya dengan mengalirkan air ke dalam kolam tampungan. Petugas akan mengecek tampungan tersebut. Selain itu juga melihat aliran air dari DC ke sambungan rumah.

Basit mengatakan proses uji coba memakan waktu satu bulan. DC yang masih ada kekurangan segera dibenahi. Harapannya, Agustus nanti aliran Umbulan sudah terdistribusi.

Meski begitu, PDAM masih memiliki tanggungan untuk membebaskan dua lahan DC yang ada di Tanggulangin dan Sidoarjo. Saat ini pihaknya sudah menemukan lahan di Tanggulangin. Namun dia enggan menyebutkan lokasinya.

Sedangkan di Sidoarjo, PDAM tetap membangun DC di tanah fasum Pondok Jati. Menurut Basit, lahan itu sudah diserahkan ke pemkab. Pemkab sudah menertibkan peruntukan fasum. Dalam Surat Keterangan Rencana Kabupaten (SKRK) tanah itu diperuntukkan sebagai lahan DC. "Suratnya dibuat Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA)," ujarnya.

Namun dia menyebutkan, dua lahan tersebut tidak bisa selesai dibangun Juli. Diperkirakan hingga akhir tahun ini hanya ada enam DC yang beroperasi. PDAM mengajukan penambahan waktu khusus untuk dua lahan DC yang lainnya. (sat/nis)

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia