Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Takut Dikejar Polisi, Pembawa Kabur Motor Menyerah

12 April 2019, 15: 43: 27 WIB | editor : Wijayanto

GAK KAPOK:CKapolsek Simokerto Kompol Masdawati (kiri) bersama tersangka Hanafi.

GAK KAPOK:CKapolsek Simokerto Kompol Masdawati (kiri) bersama tersangka Hanafi. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pinjam motor untuk beli makan malah digadaikan. Hal itu dilakukan M Hanafi Al Suef, 28, warga Jalan Kertopaten I, Kelurahan Sidodadi, Simokerto. Tersangka akhirnya menyerahkan diri setelah ketakutan dikejar-kejar polisi dan korban.

Hanafi menggadaikan sepeda motor Honda Revo nomor polisi (nopol) L 6569 RO milik Mujiono, 58, warga Dukuh Bulak Banteng Sekolahan II, Kelurahan Bulak Banteng, Kenjeran. Akibat perbuatannya, tersangka ditangkap dan dikenakan pasal penipuan dan penggelepan.

Kapolsek Simokerto Kompol Masdawati Saragih mengatakan, pihaknya melakukan pengejaran terhadap tersangka berkat laporan dari korban. Karena terus dikejar dan dicari di rumahnya, tersangka akhirnya memilih menyerahkan diri ke Polsek Simokerto.

"Rupanya ia sudah sadar dan memilih menyerahkan diri. Ia mengakui perbuatannya dan mau bertanggungjawab," terangnya.

Kejadian tersebut bermula saat korban Mujiono boncengan motor bersama tersangka. Selanjutnya, tersangka meminjam sepeda motor korban  dengan alasan mau membeli makan di sekitar lokasi.

Setelah dipinjami motor, ternyata tersangka tidak kembali. Saat dihubungi ternyata ponselnya sudah tidak aktif. Korban pun melapor ke polisi. Setelah menyerahkan diri, tersangka mengaku menggadaikan motor korban ke Madura seharga  Rp 1,2 juta saja. Uang itu dipakai untuk mencukupi kebutuhannya.

Namun, bisa jadi itu hanya alasan tersangka. Karena setelah diselidikim ternyata tersangka juga pernah melakukan aksi yang sama dan berhasil menggelapkan motor Yamaha N-Max milik Imam Bagus Sugondo, warga Dupak Bandarejo III, Krembangan. "Sepedanya juga sudah digadaikan Rp 4 juta," kata Kompol Masdawati. (gun/jay)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia